Air Terjun Kedung Pengilon Surga Tersembunyi Sebening Kaca

Pembahasan kita kali ini ialah air terjun Kedung Pengilon surga tersembunyi sebening kaca. Anda termasuk salah satu yang keranjingan mencari tempat-tempat wisata yang tergolong baru dan masih perawan? Cobalah berkunjung ke wilayah Kabupaten Bantul. Di salah satu wilayah Jogja ini terdapat potensi wisata alam yang belum banyak diketahui atau dikenal masyarakat luas. Salah satunya wisata air terjun yaitu Kedung Pengilon.

Air Terjun Kedung Pengilon

Air Terjun Kedung Pengilon

Air terjun ini berada di Dusun Petung, Desa Bangunjiwo, Kasihan, Kabupaten Bantul. Kedung Pengilon bisa menjadi alternatif tujuan wisata Anda. Karena masih minim pengawasan minim pengawasaan dan dalam taraf pengembangan, Anda yang hendak berkunjung ke air terjun ini sebaiknya harus bertanggung jawab. Misalnya tidak membuang sampah sembarangan dan mentaati petunjuk dan arahan yang telah ditetapkan dan diterapkan.

Lokasi air terjun Kedung Pengilon berada jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Nuansa pedesaan dengan suasana yang sangat asri akan menyambut setiap pengunjungnya. Letak air terjun ini berada pada jarak sekitar 200 meter dari pemukiman warga. Dari lokasi parkiran kendaraan yang terletak di halaman rumah warga setempat, gemericik air dapat terdengar karena suasananya benar-benar tenang.

Untuk sampai di air terjun, pengunjung perlu berjalan kaki sekitar lima menit melalui jalan setapak. Sesampainya di Kedung Pengilon, para pengunjung akan mendapati air terjun yang sangat ini. Air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 10 meter dengan bagian bawah berupa kolam berdiameter lebih kurang 15 meter.

Air yang mengalir di Kedung Pengilon sangat jernih sehingga kolam yang ada di bawahnya terlihat sampai dasar berwarna biru kehijauan. Di samping karena airnya yang jernih, warna kolam yang begitu cantik juga dihasilkan dari dasar kolam. Yakni berupa batu putih dan kedalamannya yang sekitar 5 hingga 8 meter.

Air yang mengalir ke Kedung Pengilon berasal dari sejumlah mata air yang ada di sekitar Dusun Petung yang kemudian mengalir melalui sungai dan akhirnya jatuh di Kedung Pengilon. Karena aliran sungai yang jauh dari pemukiman penduduk, menjadikan airnya begitu jernih dan tidak tercemar.

Arti nama Kedung Pengilon

Arti nama dari Kedung Pengilon berasal dari bahasa Indonesia yaitu kedung yang berarti kolam dan pengilon yang berarti cermin. Orang-orang dulu menamakan air terjun ini sebagai Kedung Pengilon karena air di kedung ini sangat bening seperti kaca.

Dengan air yang jernih dan bersih, kegiatan bermain air dan berenang menjadi favorit para pengunjung. Melompat dari ketinggian dan meluncur bebas ke dalam kolam air terjun bisa pengunjung lakukan. Hal ini dilakukan untuk memacu adrenalin dan menikmati segarnya air terjun ini.

Tetapi bagi pengunjung yang tidak bisa berenang sebaiknya berhati-hati dan bisa menyewa ban yang disediakan oleh penduduk sekitar. Jika pengunjung enggan bermain air, bersantai sambil menikmati keindahan Kedung Pengilon bisa menjadi hal yang menyenangkan.

Lokasi air terjun yang ada di tengah-tengah rerimbunan pepohonan, membuat suasana begitu sejuk dan asri. Hal ini membuat pengunjung betah berlama-lama di air terjun ini.

Di samping banyak dikunjungi para wisatawan, Kedung Pengilon pun sering didatangi orang-orang yang akan melakukan ritual kebatinan. Bagi masyarakat setempat, tempat dimana air terjun Kedung Pengilon ini biasa saja. Tetapi bagi banyak orang dari luar Desa Bangunjiwo tempat dimana air terjun ini berada begitu sacral. Sehingga orang luar Desa Bangunjiwo sering datang ke tempat air terjun Kedung Pengilon ini untuk melakukan ritual tertentu misalnya Kenduri.

Menikmati keindahan Kedung Pengilon tidak dipungut biaya. Setiap pengunjung hanya dikenai biaya parkir dari kendaraan yang dibawanya. Sedangkan untuk sewa ban tarifnya hanya 3 ribu rupiah. Jika pengunjung tertarik untuk mengunjungi air terjun Kedung Pengilon sebaiknya pada saat musim penghujan, karena debit airnya cukup besar sehingga air di kolamnya bersih dan pemandangannya juga lebih bagus.

Jaga Kesehatan

Sebelum jalan-jalan ke wisata air terjun di Bantul ini (Kedung Pengilon) usahakan dalam keadaan sehat. Untuk menjaga kesehatan sebelum dan selama liburan, Anda bisa konsumsi produk Synergy WorldWide yang bisa diorder di aplikasi SBiz atau langsung kontak kami.

Demikian info berkaitan dengan air terjun Kedung Pengilon surga tersembunyi sebening kaca, kami harap post kali ini mencerahkan sahabat semua. Tolong post mengenai Kedung Pengilon ini dibagikan agar semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Referensi :

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Leave a Comment

Komunitas Terkenal di Jogja
Komunitas Terkenal di Jogja yang Cocok untuk Anda
Pekerjaan Favorit Mahasiswa
Pekerjaan Favorit Mahasiswa di Jogja
Daerah Tempat Tinggal Favorit
Daerah Tempat Tinggal Favorit di Jogja
Tempat Olahraga Favorit
Tempat Olahraga Favorit di Jogja dan Sekitarnya
Beasiswa Kampus di Jogja Kuliah di Jogja UGM Ujian Masuk
Kegiatan OSPEK
Kegiatan OSPEK untuk Kuliah Pertama Kali
Dunia Kampus
Mengenal Dunia Kampus yang Harus Diketahui
Lolos SBMPTN
Tips Lolos SBMPTN dengan Cara Smart

Alam

Hutan dan Gunung Pantai Wisata Air Wisata Alam Lainnya

Sejarah

Bangunan Bersejarah Candi Monumen Museum

Seni Budaya

Kebudayaan Kesenian Tradisi

Wisata Lain

Desa Wisata Minat Khusus Wisata Buatan Wisata Religi
Digital Marketing Peluang Bisnis Peluang Investasi
Investasi Properti Syariah yang Aman dan Menguntungkan
Investasi Properti Syariah yang Aman dan Menguntungkan
Peluang Bisnis Synergy Worldwide Mudah dan Menguntungkan
Jasa Digital Marketing
Jasa Digital Marketing Murah dan Profesional di Jogja
Penginapan Murah di Sekitar Jalan Parangtritis Jogja
Penginapan Murah di Sekitar Jalan Parangtritis Jogja
Guest House Mercury Prawirotaman
Guest House Mercury Prawirotaman Hotel Nuansa Jawa
Guest House Mas Gun
Guest House Mas Gun di Jalan Prawirotaman
Penginapan Murah di Jogja
Penginapan Murah di Jogja bagi Para Wisatawan