Aneka Teh Unik Hasil Olahan Petani Samigaluh

Pembahasan kita sekarang yaitu aneka teh unik hasil olahan petani Samigaluh. Dataran tinggi Samigaluh Kulon Progo tidak hanya menyajikan kesejukan dan keindahan pesona akan alam yang menawan. Namun, wilayah ini sangat sesuai untuk menjadi tempat budidaya tanaman perkebunan. Teh menjadi salah satu produk unggulan yang ditanam di lahan pertanian. Ketergantungan kepada perusahaan dalam pemasaran, menjadi latar belakang masyarakat setempat melakukan pengolahan hasil panen teh.

Aneka Teh Unik

Aneka Teh Unik Hasil Olahan Petani Samigaluh

Mengunjungi kebun aneka teh unik Samigaluh, pengunjung akan dimanjakan oleh sejuknya udara khas dataran tinggi. Membuka perjalanan dengan menaiki jalan yang menanjak, menjadi wisata kebun teh tak hanya untuk memanjakan mata, tapi juga sebagai olahraga, Kawasan kebun teh Samigaluh ini tidak memiliki luasan perkebunan layaknya perusahaan. Kebun ini hanya menempati beberapa hektar lahan. Namun, tidak menjadi halangan untuk wisatawan hadir menikmati keindahan yang disajikan oleh perkebunan ini.

Perkebunan yang terletak di Kulon Progo ini merupakan milik masyarakat sekitar atau milik pribadi. Para pengunjung yang datang di pagi hari akan melihat aktivitas petik teh yang dilakukan oleh warga setempat. Sebelum matahari menyengat, mereka dengan sigap memetik pucuk daun teh. Daun teh yang telah di panen ini selanjutnya akan dibawa menuju pabrik teh atau Unit Produksi Samigaluh.

Keterikatan akan penjualan ini, menjadikan perusahaan pengolahan teh yang menampung melakukam pemantauan dan memberikan pelatihan kepada pemilik lahan tanaman teh. Sebelumnya, dalam meningkatkan produksi, petani mengembangkan teknik baru yang diberi nama teknik skiping atau pemerataan bidang petik agar dapat memenuhi target dari perusahaan pengepul yang harga jualnya sudah mulai membaik.

Kualitas dari daun teh Samigaluh sebenarnya bagus, terbukti setelah hasil panen diserahkan ke perusahaan mitra, produk dari hasil pengolahan mampu diekspor sebagian dengan sebagian yang lain dikemas sendiri oleh warga. Selain itu, anggapan akan harga yang murah dari nilai jual daun teh di perusahaan, menjadi latar belakang petani teh melakukan pengolahaa sendiri maupun secara kelompok. Usaha pemasaran dilakukan dengan kemasan paket agrowisata yaitu memasukkan kegiatan pengolahan teh di dalamnya.

Jenis Teh Unik di Samigaluh

Di Samigaluh, teh yang telah diolah memiliki cita rasa yang unik dalam maupun namanya. Produk pengolahan aneka teh unik di Samigaluh meliputi: teh pegagan, teh wangi, teh sangit dan teh putih. Dari varian yang telah dihasilkan, produk teh sangit dan teh putih atau white tea menjadi primadona penikmat teh. Varian olahan teh sangit dan teh putih membutuhkan bahan dan penanganan yang cukup rumit dan eksklusif.

Di kebun teh Kulon Progo, teh putih atau white tea yang jarang ditemui tumbuh dengan subur di Desa Nglinggo dengan ketinggian 900 – 1000 meter di atas permukaan laut. Untuk cara memetiknya, dilakukan sebelum matahari terbit karena untuk menjaga kandungan oksidanya yang masih tinggi. Apabila terkena paparan sinar matahari, kondisi oksidanya akan berkurang sebab teh mulai mekar karena mengalami fotosintesis.

Proses pengeringan teh putih berbeda dengan teh lainnya, mengeringkan teh putih hanya dengan diangin­anginkan saja, tanpa membutuhkan panas dari api yang membutuhkan waktu kurang lebih 15 hari. Aturan panen dan pengeringan ini oleh masyarakat setempat dijaga secara ketat.

Manfaat Teh Putih

Selain ampuh untuk menurunkan berat badan, sederet manfaat aneka teh unik seperti teh putih yang patut diketahui yaitu :

  • mencegah kepikunan,
  • mencegah penyakit kardiovaskular,
  • memerangi bau mulut,
  • menjaga kondisi gigi agar tak mudah berlubang;
  • mengeluarkan racun dari tubuh karena mengandung polifenol,
  • anti penuaan dini,
  • antikanker karena tinggi antioksidan,
  • melindungi jantung,
  • mengurangi gejala diabetes,
  • mengurangi stress,
  • menjaga stamina tubuh,
  • mencegah penyempitan pembuluh darah,
  • mengurangi kemungkinan darah tinggi,
  • dll.

Untuk teh sangit, Warga menggunakan pucuk dua hingga tiga lembar dengan melalui proses pengeringan dengan sangan. Proses pengeringan teh sangit diletakkan di atas tempayan tanah yang dipanasi api di bawahnya. Teh sangit Samigaluh ini rasanya unik sebab terdapat rasa sepet pahit dan sangit.

Produk unggulan aneka teh unik dari Samigaluh ini telah bekerja sama dengan Bali untuk melakukan pengiriman setiap bulannya. Teh putih dapat dijual dengan harga Rp 3,5 juta per kilogram di Bali dengan mayoritas konsumen merupakan orang asing. Teh sangit juga menjadi salah satu jenis olahan teh yang disukai wisatawan mancanegara.

Demikian info berkaitan dengan aneka teh unik hasil olahan petani samigaluh, semoga postingan ini mencerahkan teman-teman semua. Tolong postingan agrowisata Samigaluh ini diviralkan biar semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Referensi:

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Leave a Comment

Komunitas Terkenal di Jogja
Komunitas Terkenal di Jogja yang Cocok untuk Anda
Pekerjaan Favorit Mahasiswa
Pekerjaan Favorit Mahasiswa di Jogja
Daerah Tempat Tinggal Favorit
Daerah Tempat Tinggal Favorit di Jogja
Tempat Olahraga Favorit
Tempat Olahraga Favorit di Jogja dan Sekitarnya
Beasiswa Kampus di Jogja Kuliah di Jogja UGM Ujian Masuk
Kegiatan OSPEK
Kegiatan OSPEK untuk Kuliah Pertama Kali
Dunia Kampus
Mengenal Dunia Kampus yang Harus Diketahui
Lolos SBMPTN
Tips Lolos SBMPTN dengan Cara Smart

Alam

Hutan dan Gunung Pantai Wisata Air Wisata Alam Lainnya

Sejarah

Bangunan Bersejarah Candi Monumen Museum

Seni Budaya

Kebudayaan Kesenian Tradisi

Wisata Lain

Desa Wisata Minat Khusus Wisata Buatan Wisata Religi
Digital Marketing Peluang Bisnis Peluang Investasi
Investasi Properti Syariah yang Aman dan Menguntungkan
Investasi Properti Syariah yang Aman dan Menguntungkan
Peluang Bisnis Synergy Worldwide Mudah dan Menguntungkan
Jasa Digital Marketing
Jasa Digital Marketing Murah dan Profesional di Jogja
Penginapan Murah di Sekitar Jalan Parangtritis Jogja
Penginapan Murah di Sekitar Jalan Parangtritis Jogja
Guest House Mercury Prawirotaman
Guest House Mercury Prawirotaman Hotel Nuansa Jawa
Guest House Mas Gun
Guest House Mas Gun di Jalan Prawirotaman
Penginapan Murah di Jogja
Penginapan Murah di Jogja bagi Para Wisatawan