Cara Memilih Kampus Idaman di Jogja

Topik kita sekarang adalah Cara Memilih Kampus Idaman di Jogja. Bagi para lulusan SMA, urusan memilih kampus kadang menjadi problematika tersendiri. Apa sebenarnya tujuan dari kuliah? Mencari gelar? Mencari teman? Atau sekedar ikut-ikutan? Banyak yang mengatakan, bahwa pilihan jurusan yang kamu pilih akan sangat menentukan dimana kamu nantinya akan berkiprah.

Memilih Kampus Idaman

Cara Memilih Kampus Idaman di Jogja

Terlepas dari apapun yang ingin kamu peroleh, masa kuliah adalah masa yang berharga, karena masa ini akan menjadi investasi masa depan kamu; misal ilmu, pembentukan mindset, kepribadian, dll. Untuk itu, sangat penting untuk bisa menentukan jurusan dan dimana akan menginjakkan kaki untuk studi lanjutan Anda.

Berikut beberapa tips penting untuk memilih kampus idaman di Jogja dengan tepat.

a. Kesiapan Individu

Sebelum memilih kampus idaman, yang pertama harus kamu lakukan adalah memantapkan tekad dan kesungguhan untuk belajar. Karena minat, motivasi, disiplin, kemandirian dan semua hal positif yang dimiliki menjadi penentu utama keberhasilan menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Setelah itu, pastikan bahwa kamu sudah apa impian kamu kelak.

Di samping itu, Anda bisa menengok berbagai macam bidang studi yang digemari, ingin menjadi apa nantinya atau melihat tokoh yang dikagumi. Hal tersebut berguna untuk melihat potensi, passion dan keinginan Anda.

Selain kesiapan individu individu yang matang, poin selanjutnya yang harus diperhatikan adalah memilih tempat yang tepat untuk proses pembelajaran. Karena selain faktor dari dalam diri yang mempengaruhi kesuksesan seseorang, pengembangan kapasitas diri juga bisa dirangsang dari luar. Disini memilih universitas dan jurusan yang tepat menjadi faktor yang juga sangat menentukan.

b. Kenali dengan Baik

Sebelum menentukan dan memilih kampus idaman di Jogja, kenali lebih baik profil universitas, kurikulum, lulusan dan dosen pengajarnya. Hal tersebut penting, karena sedikit banyak menentukan kualitas kamu nantinya setelah lulus. Walaupun pada dasarnya, kesuksesan kembali ke diri masing-masing, sebaik apa pun universitas dimana kamu kuliah tapi ketika malas-malasan ya sama saja tidak ada hasilnya.

No Lembaga Pemeringkat
1 Academic Ranking of World Universities / ARWU
2 QS World Universities Ranking
3 QS Star Ranking
4 4ICU World Universities Ranking
5 Webometrics-Ranking Web of World Universities
6 Webometrics-Ranking Web of Repositories
7 Telkom Smart Campus / Tesca

Cara yang paling efektif memilih kampus idaman untuk lebih mengenalnya adalah dengan melakukan riset kecil mengenai universitas yang akan dituju. Seperti apakah program studi yang akan dimasuki memiliki global exposure dan track record yang baik, mengadakan kerjasama dengan lembaga, institusi maupun perusahaan, berikut profil dan kiprah lulusannya diluar. Berikut beberapa cara untuk mengetahui reputasi dan kualitas perguruan tinggi:

  • Menggunakan Data dari Pemerintah. Karena kinerja dan perkembangan perguruan tinggi diawasi oleh pemerintah, informasi dari departemen terkait dapat menjadi sumber informasi yang patut untuk dipertimbangkan. Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), secara rutin memberikan data dan informasi perguruan tinggi di tanah air, mulai dari izin operasional, akreditasi, jumlah dosen dan mahasiswa dll. Akreditasi perguruan tinggi menjadi salah satu penilaian kelayakan program dan status perguruan tinggi. Secara umum, BAN-PT memberikan status A, B, C, dan status belum terakreditasi bagi masing-masing perguruan tinggi. Hasilnya bisa dilihat di situs BAN-PT (http://ban-pt.kemdik-nas.go.id/akreditasi-institusi)
  • Melakukan kroscek melalui pemeringkatan perguruan tinggi. Saat ini terdapat banyak lembaga, baik nasional maupun internasional, melakukan pemeringkatan perguruan tinggi. Berikut lembaga pemberi pemeringkatan yang banyak menjadi¬† rujukan;
  • Untuk menambah kelengkapan riset, Anda bisa langsung bertanya pada senior atau teman-teman yang dulu berkuliah di universitas tersebut, baik secara langsung maupun melalui sosial media. Saat ini, tidak sulit juga untuk menemukan jejaring sosial memberikan update mengenai kegiatan di masing-masing institusi.
c. Biaya Kuliah

Pertimbangan yang tidak kalah penting dalam memilih kampus idaman (calon jurusan dan universitas) adalah faktor biaya kuliah dan biaya hidup. Maka sebelum menentukan pilihan, ada baiknya Anda melakukan pengecekan biaya kuliah. Mulai dari uang gedung, biaya BPP dan SKS, atau kemungkinan pungutan biaya lainnya. Hal ini bisa dilakukan dengan menanyakan langsung ke universitas yang bersangkutan. Di samping itu, pencarian informasi mengenai kemungkinan ketersediaan beasiswa juga penting.

Saat ini, banyak penawaran beasiswa, baik itu dari pemerintah maupun institusi perguruan tinggi yang bersangkutan. Dengan adanya beasiswa, paling tidak Anda bisa meminimalisir pengeluaran atau bahkan meringankan biaya orang tua. Mengenai biaya, secara ideal, Anda bisa mendapatkan kampus yang berkualitas dengan biaya yang terjangkau.

d. Keseimbangan Faktor Akademis dan Non-akademis

Saat memilih kampus idaman, perlu diingat bahwa kuliah bukan sekedar kegiatan akademis. Perlu diperhatikan berbagai macam kegiatan non-akademis sebagai sarana pendukung untuk berkiprah di masyarakat maupun sarana penunjang kehidupan karier Anda nantinya. Hal tersebut bisa dilakukan dengan memperhatikan pengalaman mahasiswa di universitas yang ingin Anda tuju.

Fasilitas akademis dan non akademis patut untuk menjadi perhatian

Jadi, alangkah baiknya sebelum memutuskan untuk kuliah di universitas tertentu. Sebaiknya di cek terlebih dahulu apakah universitas yang ingin dituju didukung sarana prasana yang membuat Anda tetap fokus. Seperti perpustakaan yang lengkap, akses terhadap berbagai macam jurnal, kualitas pengajar, miliu studi yang nyaman, interaksi dengan mahasiswa yang heterogen, dan yang lainnya. Di Jogja tentunya tidak sulit menemukan fasilitas yang dimaksud, tinggal menentukan pilihan saja universitas yang ingin dituju.

e. Daya Tampung Jurusan

Setelah menentukan dan memilih kampus idaman, maka yang perlu diperhatikan adalah mengetahui daya tampung jurusan. Perguruan tinggi favorit otomatis diperebutkan banyak pelamar, dan banyaknya pelamar menunjukkan persaingan yang ketat. Selain terus berusaha untuk masuk ke universitas dambaan, ada baiknya Anda memiliki beberapa opsi universitas dambaan kedua dan ketiga untuk jaga-jaga jika yang pertama belum diterima.

Sekian info tentang Cara Memilih Kampus Idaman di Jogja, semoga post ini berguna buat kalian. Tolong post kampus idaman ini dibagikan agar semakin banyak yang mendapat manfaat.

Referensi:

Leave a Comment

Selamat Datang di Kota Sejarah Jogjakarta
Selamat Datang di Kota Sejarah Yogyakarta Istimewa
Kampus Negeri di Jogja Kampus Swasta di Jogja Kuliah di Jogja Ujian Masuk
Memilih Kampus Idaman
Cara Memilih Kampus Idaman di Jogja
Universitas Gadjah Mada Yogyakarta
Universitas Gajah Mada Yogyakarta Salah 1 Kampus Terbaik
Perguruan Tinggi Negeri yang Ada di Yogyakarta
Perguruan Tinggi Negeri di Yogyakarta Terbaik

Alam

Hutan dan Gunung Pantai Wisata Air Wisata Alam Lainnya

Sejarah

Bangunan Bersejarah Candi Monumen Museum

Seni Budaya

Kebudayaan Kesenian Tradisi

Wisata Lain

Desa Wisata Minat Khusus Wisata Buatan Wisata Religi
Bisnis Investasi Digital Marketing
Investasi Properti Syariah yang Aman dan Menguntungkan
Investasi Properti Syariah yang Aman dan Menguntungkan
Peluang Bisnis Synergy Worldwide Mudah dan Menguntungkan
Jasa Digital Marketing
Jasa Digital Marketing Murah dan Profesional di Jogja
Penginapan Murah di Sekitar Jalan Parangtritis Jogja
Penginapan Murah di Sekitar Jalan Parangtritis Jogja
Guest House Mercury Prawirotaman
Guest House Mercury Prawirotaman Hotel Nuansa Jawa
Guest House Mas Gun
Guest House Mas Gun di Jalan Prawirotaman
Penginapan Murah di Jogja
Penginapan Murah di Jogja bagi Para Wisatawan