Cara Mendapatkan Beasiswa Pendidikan di Jogja

Di postingan ini kami akan bahas berkaitan dengan cara mendapatkan beasiswa pendidikan di jogja. Belajar di perguruan tinggi dipercaya bisa mengubah masa depan seseorang jadi lebih baik lagi. Hanya saja, untuk mendapatkan akses pendidikan berkualitas juga tidak murah atau memerlukan biaya besar. Beberapa mahasiswa mensiasatinya dengan jalur beasiswa.

Cara Mendapatkan Beasiswa

Cara Mendapatkan Beasiswa Pendidikan

Menempuh kuliah dengan jalur beasiswa adalah solusi tepat untuk Anda yang sangat ingin melanjutkan ke perguruan tinggi namun terbentur masalah biaya. Sifat beasiswa sendiri ada dua;

  • Beasiswa Pinjaman Lunak. Beasiswa ini adalah bantuan dana bersifat jangka menengah. Anda bisa mengajukan bantuan kepada pihak ketiga yang dikembalikan setelah lulus dengan dana yang disepakati.
  • Dana Beasiswa Gratis. Beasiswa ini diberikan oleh pemberi dana secara cuma-cuma dengan melalui seleksi administrasi.

Melihat dari berbagai macam kemudahan tersebut, rasanya tidak bisa melanjutkan kuliah karena terbentur biaya bukan lagi jadi alasan. Yang diperlukan hanya informasi yang menyeluruh seputar beasiswa yang tersedia. Lantas bagaimana cara mendapatkan beasiswa pendidikan tersebut? Berikut ini tipsnya :

1. Memiliki Prestasi Akademik yang Baik

Jika memiliki prestasi akademik yang baik, maka bisa diprediksi Anda tidak akan mengalami kesulitan dalam memperoleh beasiswa. Mayoritas institusi penyedia bantuan dana beasiswa pendidikan mensyaratkan prestasi akademik untuk memenuhi kualifikasinya. Bagi mahasiswa nilai IP 3,00 ke atas dinilai bagus.

Nilai tersebut mesti terus dipertahankan. Sebab kebanyakan lembaga penyedia beasiswa melihat secara periodik peningkatan akademik siswa penerima beasiswa. Untuk teman-teman yang masih SMA, kalian pun dapat mulai mempertahankan nilai akademik mulai dari kelas 1 SMA semester 1. Itu bisa jadi track record yang baik dan akan jadi pertimbangan dalam pemberian beasiswa.

2. Memiliki Prestasi Non Akademik

Di samping mensyaratkan prestasi akademik, ada pula institusi yang menyediakan beasiswa untuk prestasi non-akademik. Misalnya prestasi dalam bidang olahraga. Jadi, kalau jagoan di bidang olahraga tertentu Anda bisa mengajukan diri untuk menerima tawaran atau mendapatkan beasiswa tersebut. Penerima beasiswa ini diharapkan dapat memberikan konstribusi prestasi bagi universitas baik dalam pertandingan antar universitas maupun kompetisi profesional.

3. Berkelakuan Baik

Ini salah satu syarat terpenting untuk menerima beasiswa. Institusi penyedia beasiswa tidak akan begitu saja menyerahkan beasiswa jika Anda melakukan tindakan melawan hukum, atau pernah mengonsumsi narkoba. Seberapa besar prestasi Anda, apakah itu di bidang akademik maupun non-akademik.

Kalau memiliki catatan hitam dalam hal melanggar hukum, bisa dipastikan Anda akan mengalami kesulitan dalam mendapatkan beasiswa. Syarat berkelakuan baik biasanya dibuktikan dengan mengumpulkan surat keterangan berkelakuan baik (SKKB) dari kantor kepolisian. Dan ini adalah syarat mutlak dalam pencarian beasiswa.

4. Aktif Berorganisasi

Aktif berorganisasi juga bisa menjadi jalan buat Anda untuk mendapatkan beasiswa.  Dalam dunia pendidikan tinggi, Anda bisa berperan aktif dalam organisasi intra maupun ekstra kampus. Beberapa beasiswa disamping mensyaratkan prestasi akademik juga memberikan penilaian berkenaan dengan aktifitas mahasiswa di dalam organisasi.

Nilai plus diberikan jika Anda berperan sebagai pemimpin di organisasi Anda. Aktif di organisasi sosial yang memberikan dampak besar terhadap masyarakat biasanya lebih disenangi oleh para tim seleksi. Anda juga bisa menceritakan bahwa Anda pernah mengadakan kegiatan apa dan berperan sebagai apa. Jelaskan dengan detail dan jelas dalam CV Anda.

5. Memiliki Informasi yang Cukup Tentang Beasiswa

Terkadang banyaknya informasi seputar beasiswa tidak tersampaikan karena kurangnya akses informasi, atau Anda kurang berjuang untuk mendapatkan informasi tersebut. Maka Anda harus rajin mencari info tentang beasiswa-beasiswa yang ada.

Setelah Anda dapat informasi tersebut, maka cepat-cepatlah melengkapi persyaratan-persyaratannya. Sebab terkadang banyaknya syarat yang mesti dilengkapi terbentur oleh banyak hal. Misalnya kelambanan birokrasi, perizinan, dan berbagai macam surat-menyurat. Setiap persyaratan harus dipenuhi untuk meminimalisir kemungkinan berkas Anda tertolak.

Demikian informasi terkait dengan cara mendapatkan beasiswa pendidikan di jogja, semoga post kali ini bisa membantu Anda dan sahabat semua. Kami berharap post cara memperoleh beasiswa ini bisa teman-teman bagikan ke yang lainnya biar semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Referensi: Menjadi Mahasiswa Pebisnis yang Sukses

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Leave a Comment

Komunitas Terkenal di Jogja
Komunitas Terkenal di Jogja yang Cocok untuk Anda
Pekerjaan Favorit Mahasiswa
Pekerjaan Favorit Mahasiswa di Jogja
Daerah Tempat Tinggal Favorit
Daerah Tempat Tinggal Favorit di Jogja
Tempat Olahraga Favorit
Tempat Olahraga Favorit di Jogja dan Sekitarnya
Beasiswa Kampus di Jogja Kuliah di Jogja UGM Ujian Masuk
Kegiatan OSPEK
Kegiatan OSPEK untuk Kuliah Pertama Kali
Dunia Kampus
Mengenal Dunia Kampus yang Harus Diketahui
Lolos SBMPTN
Tips Lolos SBMPTN dengan Cara Smart

Alam

Hutan dan Gunung Pantai Wisata Air Wisata Alam Lainnya

Sejarah

Bangunan Bersejarah Candi Monumen Museum

Seni Budaya

Kebudayaan Kesenian Tradisi

Wisata Lain

Desa Wisata Minat Khusus Wisata Buatan Wisata Religi
Digital Marketing Peluang Bisnis Peluang Investasi
Investasi Properti Syariah yang Aman dan Menguntungkan
Investasi Properti Syariah yang Aman dan Menguntungkan
Peluang Bisnis Synergy Worldwide Mudah dan Menguntungkan
Jasa Digital Marketing
Jasa Digital Marketing Murah dan Profesional di Jogja
Penginapan Murah di Sekitar Jalan Parangtritis Jogja
Penginapan Murah di Sekitar Jalan Parangtritis Jogja
Guest House Mercury Prawirotaman
Guest House Mercury Prawirotaman Hotel Nuansa Jawa
Guest House Mas Gun
Guest House Mas Gun di Jalan Prawirotaman
Penginapan Murah di Jogja
Penginapan Murah di Jogja bagi Para Wisatawan