Cave Tubing Kalisuci Kegiatan Menyusuri Goa yang Menyenangkan

Pembahasan kita sekarang yaitu Cave Tubing Kalisuci Kegiatan Menyusuri Goa yang Menyenangkan. Di balik kegersangan perbukitan Gunungkidul terdapat potensi wisata yang jarang ditemui di tempat lain. Salah satunya yaitu gua-gua indah yang tersembunyi di perut bumi dengan sungai yang mengalir deras di dalamnya. Dan dikenal dengan Kalisuci.

Cave Tubing Kalisuci

Cave Tubing Kalisuci Kegiatan Menyusuri Goa

Kalisuci dilindungi dan masuk dalam salah satu warisan alam dunia yang kemudian di tahun 2004 ditetapkan sebagai kawasan ekokarts. Cave Tubing Kalisuci ini masuk dalam tiga susur goa terkeren yang ada di dunia di samping cave tubing New Zealand dan Meksiko.

Kalisuci merupakan sungai yang berada di Kabupaten Gunungkiul dengan aliran air yang jernih sebab berasal dari mata air pegunungan terlindungi. Dari hulu sungai, aliran airnya akan terus menyusuri celah­celah bebatuan gua karst yang ada di sebagian besar Kab. Gunungkidul. Nama Kalisuci berasal dari bahasa Jawa yaitu “Kali” dan bahasa Indonesia Suci.

“Kali” itu artinya sungai dalam Bahasa Jawa dan suci berarti bersih dan jernih. Diberi nama demikian karena airnya akan tetap jernih walaupun sedang musim hujan. Sebelumnya, mata air ini adalah satu­satunya sumber air yang ada untuk keperluan masyarakat setempat, seperti untuk mandi, minum, hingga mencuci.

Seperti karakteristik sungai­sungai yang berada di kawasan karst, Kalisuci terbagi menjadi 2 tipe yakni :

  • sungai terbuka yang muncul di permukaan
  • sungai tertutup yang mengalir di dalam tanah atau gua dan bermuara di Pantai Baron. Termasuk juga mengalir melewati Gua Grubug.

Keunikan yang dapat dijumpai adalah fenomena bentukan bentang alam berupa gua­gua vertikal yang terbentuk dari runtuhan permukaan karst dan juga aliran sungai bawah tanah dari bawah permukaan.

Lokasi Kalisuci

Tempat wisata cave tubing Kalisuci berada di Dusun Jetis, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul, tepat terletak di sekitar 60 km dari pusat kota Yogyakarta. Untuk menuju ke lokasi wisata Kalisuci dapat ditempuh dalam waktu sekitar 1,5 – 2 jam perjalanan. Akan lebih mudah lagi jika menggunakan kendaraan pribadi seperti motor dan mobil untuk menuju ke sana.

Jalan menuju ke Kalisuci sudah didukung dengan infrastruktur yang cukup baik dan beraspal mulus. Tapi, pengunjung mesti tetap waspada dengan kelokan, tanjakan dan turunan yang tajam di jalur menuju wisata Kalisuci. Supaya perjalanan menuju lokasi cave tubing lancar tanpa adanya gangguan, sangat dibutuhkan kondisi kendaraan yang prima.

Perjalanan menuju Kalisuci, dapat ditempuh dari Wonosari selanjutnya menuju ke Kecamatan Semanu. Dari sini akan diperlukan waktu sekitar 15 menit untuk sampai ke Gua Kalisuci dengan jarak kurang lebih 10 km. Pengunjung selanjutnya harus berjalan sekitar 500 meter untuk menuju basecamp yang akan menjadi pemandu. Untuk mencoba pengalaman seru Cave Tubing di Kalisuci ini, pengunjung setidaknya harus mengajak minimal 4 orang teman. Bila kurang dari 4 orang, maka tak bisa melakukan susur goa (cave tubing) di Kalisuci.

Aktivitas Cave Tubing

Cave tubing adalah perpaduan antara kegiatan caving dan body rafting. Jadi bisa dikatakan aktivitas susur sungai dalam gua ini dengan memakai pelampung. Berpetualang menyusuri goa (caving) dengan perpaduan arum jeram (rafting) di dalam sungai bawah tanah Kalisuci sangat mengasyikan. Dengan melakukan kegiatan Cave Tubing Kalisuci, pengunjung dapat menyaksikan keindahan pegunungan karst yang ada di Kabupaten Gunungkidul.

Lokasinya yang sesuai dengan pemandangan yang eksotik ini, membuat para penduduk setempat memanfaatkan Kalisuci untuk ecotourism berupa cave tubing. Pengunjung tidak harus bisa berenang. Karena semua pengunjung akan dilengkapi dengan pelampung dan helm sebagai sarana standar keselamatan. Setibanya pengunjung di basecamp Kalisuci, mereka akan ditemani oleh pengelola wisata untuk diberikan penjelasan singkat tempat wisata tersebut. Dan pengelola juga akan menjelaskan mengenai kegiatan yang akan dilakukan yaitu cave tubing Kalisuci.

Selanjutnya, peserta cave tubing dibekali dengan pengarahan serta pemberian perlengkapan seperti jaket pelampung, headlamp, helm, pengaman lutut, pengaman kaki dan ban yang dijadikan sarana untuk menyusuri gua Kalisuci. Sesudah persiapannya selesai, pemandu akan membawa peserta / pengunjung ke lokasi Kalisuci yang letaknya tak jauh dari basecamp. Dengan cara menyusuri kebun pohon jati dan menuruni jalan menuju lokasi Kalisuci.

Petualangan Menyusuri Goa

Menyusuri sungai yang mengalir melewati gua­gua bawah tanah jadi salah satu wisata petualangan yang ditawarkan di Kalisuci, Semanu, Gunungkidul. Aliran sungai yang berkelak­kelok terlihat dari ketinggian tebing. Airnya yang biru kehijauan terlihat kontras dengan warna coklat tanah, tebing karst, serta dedaunan kering. yang luruh sehingga menciptakan harmoni alam yang indah.

Setelah semua duduk di atas ban pelampung, pertualangan cave tubing Kalisuci pun dimulai. Ban mulai bergerak seirama aliran air. Saat tiba di arus yang tenang maka tangan mesti difungsikan sebagai kayuh / dayung agar terus melaju. Sedangkan ketika memasuki jeram ban akan melaju dengan cepat dan juga berputar­putar mengikuti arus. Petualangan yang sesungguhnya akan dimulai ketika aliran sungai memasuki relung Gua Kalisuci dan Gua Gelatik.

Sinar matahari menghilang berganti dengan suasana yang remang bahkan gelap. Satu­satunya pencahayaan hanya berasal dari headlamp yang pengunjung pakai. Di dalam gua ini cukup gelap dan memang tidak disediakan penerangan demi menjaga ekosistem yang ada di dalam gua. Di dalam gua akan terlihat stalaktit yang berada di atap dan terus meneteskan air. Beberapa di antaranya merupakan bebatuan kristal. Sepanjang perjalanan pemandu akan memberi penjelasan akan setiap bagian yang ada di Kalisuci.

Wisata Cave tubing Kalisuci buka dengan mengikuti cuaca. Ketika curah hujan tinggi, maka wisata Kalisuci akan ditutup, sehingga untuk wisatawan yang hendak melakukan kegiatan cave tubing dapat menghubungi pengelola yang terdiri dari penduduk lokal beberapa hari sebelumnya untuk memastikan kondisi sungai.

Demikian informasi seputar Cave Tubing Kalisuci Kegiatan Menyusuri Goa yang Menyenangkan, semoga post kali ini bermanfaat buat sahabat semua. Tolong post wisata air ini disebarluaskan supaya semakin banyak yang mendapat manfaat.

Referensi :

Leave a Comment

Selamat Datang di Kota Sejarah Jogjakarta
Selamat Datang di Kota Sejarah Yogyakarta Istimewa
Kampus Negeri di Jogja Kampus Swasta di Jogja Kuliah di Jogja Ujian Masuk
Memilih Kampus Idaman
Cara Memilih Kampus Idaman di Jogja
Universitas Gadjah Mada Yogyakarta
Universitas Gajah Mada Yogyakarta Salah 1 Kampus Terbaik
Perguruan Tinggi Negeri yang Ada di Yogyakarta
Perguruan Tinggi Negeri di Yogyakarta Terbaik

Alam

Hutan dan Gunung Pantai Wisata Air Wisata Alam Lainnya

Sejarah

Bangunan Bersejarah Candi Monumen Museum

Seni Budaya

Kebudayaan Kesenian Tradisi

Wisata Lain

Desa Wisata Minat Khusus Wisata Buatan Wisata Religi
Bisnis Investasi Digital Marketing
Investasi Properti Syariah yang Aman dan Menguntungkan
Investasi Properti Syariah yang Aman dan Menguntungkan
Peluang Bisnis Synergy Worldwide Mudah dan Menguntungkan
Jasa Digital Marketing
Jasa Digital Marketing Murah dan Profesional di Jogja
Penginapan Murah di Sekitar Jalan Parangtritis Jogja
Penginapan Murah di Sekitar Jalan Parangtritis Jogja
Guest House Mercury Prawirotaman
Guest House Mercury Prawirotaman Hotel Nuansa Jawa
Guest House Mas Gun
Guest House Mas Gun di Jalan Prawirotaman
Penginapan Murah di Jogja
Penginapan Murah di Jogja bagi Para Wisatawan