Hutan Pinus Mangunan Pesona Alam yang Mendunia

Topik kita kali ini yaitu hutan pinus mangunan pesona alam yang mendunia. Hutan Pinus yang semula cuma dimanfaatkan untuk diambil getah dan kayunya serta konservasi lahan, kini menjelma jadi tempat wisata kekinian.

Hutan Pinus Mangunan

Banyak sekali penikmat media sosial yang mengunggah foto mereka dengan latar belakang barisan pohon pinus. Sebab dianggap memiliki keindahan dengan udara yang menyegarkan.

Zaman sekarang, tempat wisata yang memiliki fasilitas menarik untuk berfoto, dapat dipastikan akan ramai dikunjungi, misalnya saja Hutan Pinus Mangunan dengan jalanan menanjak tak menghalangi minat pengunjung untuk mendatanginya.

Sangat berbeda dengan minat orang zaman dahulu, yang mencari tempat wisata dengan krtiteria :

  • terjangkau,
  • kenyamanan,
  • dan sebagainya.

Hutan Pinus ini letaknya ada di Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Provinsi DI Yogyakarta. Hutan Pinus di Bantul ini merupakan bagian dari RPH (Resort Pengelolaan Hutan) Mangunan yang memiliki luas mencapai 500 hektar.

Pelancong yang ingin berkunjung ke tempat ini, setidaknya harus menempuh jarak sekitar 16 kilometer dari pusat Kota Jogja. Sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi, sebab tidak terdapat angkutan umum yang melintasi kawasan wisata tersebut.

Sebelum menjadi salah satu obyek wisata, Hutan Pinus Mangunan ini dahulunya merupakan kawasan tandus. Setelah penghijauan dilakukan dengan menanam berbagai jenis pohon seperti pohon pinus, dan jenis pepohonan lainnya, tempat ini menjadi salah satu pemasok oksigen di kawasan Imogiri.

Selain menjadi hutan lindung, hutan ini selanjutnya dikembangkan menjadi tempat wisata. Dengan didukung oleh berbagai fasilitas penunjang seperti toilet, musala, gardu pandang, panggung. Dan juga kursi-­kursi yang terbuat dari kayu tertata apik di sekitarnya.

Hutan Pinus ini memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang ingin merasakan kedamaian. Golden time (waktu yang tepat) untuk mengunjungi Hutan Pinus Mangunan Dlingo, Bantul ini sekitar pukul 06.00 – 10.00 WIB atau pukul 15.00 – 18.00 WIB.

Tak salah juga bila wisatawan datang pada siang hari. Apalagi dari Hutan Pinus ini juga tak terlalu jauh dari destinasi wisata menarik lainnya di Mangunan, Bantul.

Wisata Hutan Pinus Imogiri

Suasana di tempat wisata ini yang sering disebut juga dengan Hutan Pinus Imogiri tersebut sangat asri, alami dan menenangkan jiwa. Deretan pohon pinus yang tumbuh subur akan terlihat di sepanjang mata memandang.

Bagi wisatawan / pengunjung yang menyukai petualangan, bisa melakukan trekking mengikuti jalur outbond Wartu Abang menuju sumber mata air Bengkung. Di mana sumber mata air Bengkung ini dipercaya oleh masyarakat sekitar sebagai lokasi pertapaan Sultan Agung Hanyakrakusuma.

Tempat wisata ini, selain terkenal untuk wisatawan nusantara, ia sempat menjadi perbincangan di dunia. Keunikan hutan ini yaitu deretan pohon-pohon pinus yang menjulang tinggi.

Keunikan utama lainnya dari hutan pinus ini yakni adanya sebuah panggung yang terbuat dari kayu. Di mana panggung kayu ini seakan tercipta secara alami. Bahan dari bangku dan panggung tersebut semuanya diambil dari pohon kayu yang masih terlihat bentuk aslinya.

Panggung tersebut didesain sedemikian rupa sehingga tampak menyatu dengan alam sekitar. Keunikan dari panggung yang berada pada tempat ini juga seakan menjadi, ikon dari Hutan Pinus Imogiri. Panggung dan bangku­-bangku penonton didesain setengah lingkaran.

Pemandangan Sekitar Hutan Pinus

Setelah puas menikmati keindahan hutan dari bawah, wisatawan dapat menaiki gardu pandang yang telah dibangun oleh pengelola untuk melihat pemandangan sekitar hutan yang menawan. Pengunjung akan dimanjakan oleh panorama alam yang luar biasa dengan rindangnya pepohonan hijau, serta perbukitan yang nampak asri dari kejauhan.

Hutan Pinus Imogiri yang sangat tinggi ini, seperti payung besar yang memberikan kesejukan. Ketika berada di bawah pepohonan hutan pinus ini, berkas cahaya yang masuk akan terlihat sangat indah terutama di waktu pagi hari.

Setelah puas menikmati keindahan hutan, pengunjung dapat berwisata kuliner dengan menyantap Sate Klathak. Sajian dari potongan daging kambing yang ditusuk menggunakan jeruji besi ini, memberikan sensasi kuliner unik bagi pengunjung.

Baca juga : Air Terjun Kedung Pengilon Surga Tersembunyi Sebening Kaca

Sekian informasi berkaitan dengan Hutan Pinus Mangunan pesona alam yang mendunia, kami harap postingan ini bermanfaat untuk sahabat semua. Tolong postingan Hutan Pinus Imogiri ini disebarluaskan biar semakin banyak yang mendapat manfaat.

Referensi: Nur Hidayah

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Leave a Comment

Akomodasi Investasi Jogjapreneur Kuliner Jogja Seputar Jogja Transportasi
Strategi Konten
Seberapa Penting Strategi Konten untuk Perkembangan Bisnis di Era Digital?
Kenapa Harus Investasi Properti
Kenapa Harus Investasi Properti di Jogja
Investasi Prioritas
Investasi Prioritas di Jogja

Alam

Hutan dan Gunung Pantai Wisata Air Wisata Alam Lainnya

Sejarah

Bangunan Bersejarah Candi Monumen Museum

Seni Budaya

Kebudayaan Kesenian Tradisi

Wisata Lain

Desa Wisata Wisata Belanja Wisata Buatan Wisata Religi
Tips Kegiatan Positif
Tips Kegiatan Positif di Luar Jam Kuliah
Cara Memulai Bisnis PPOB
Cara Memulai Bisnis PPOB yang Mudah dan Menguntungkan
Tips Hidup Hemat di Jogja
Tips Mencari Kosan Ideal
Tips Mencari Kosan Ideal di Jogja bagi Mahasiswa
Beasiswa Kampus di Jogja Kuliah di Jogja UGM Ujian Masuk
Program Kuliah Kerja Nyata
Program Kuliah Kerja Nyata Perguruan Tinggi
Organisasi Kampus
Manfaat Ikut Organisasi Kampus yang Perlu Mahasiswa Tahu
Perkuliahan di Jogja
Kehidupan Perkuliahan di Jogja