Jalur Menuju Yogyakarta yang bisa Anda Pilih

Topik kita sekarang yakni Jalur Menuju Yogyakarta yang bisa Anda pilih. Letak kota Yogyakarta yang berada di tengah – selatan pulau Jawa adalah posisi yang strategis dalam kemudahan akses. Ada banyak pilihan jalur transportasi yang dapat Anda gunakan untuk sampai ke kota ini. Di samping kemudahan akses transportasi, jalur yang dilalui pun cenderung tidak mengalami banyak hambatan, seperti jalan rusak, sedikitnya rute penerbangan atau rute kereta api, dsb.

Jalur Menuju Yogyakarta

4 Jalur Menuju Yogyakarta

Berikut beberapa jalur menuju Yogyakarta yang bisa Anda pakai untuk sampai ke kota pelajar ini :

1. Naik Kendaraan Pribadi

Datang ke kota Jogja dengan mengendarai kendaraan pribadi, baik itu kendaraan roda 4 ataupun roda 2, saat ini bukan jadi masalah. Akses jalan atau jalur menuju Yogyakarta dari semua arah bisa dipastikan lancar dan mudah. Jika Anda datang dari Jakarta atau Bandung atau kota lainnya di sebelah barat Yogyakarta, Anda bisa melewati jalur pantai selatan (Bandung – Tasik – Banjar – Buntu – Purworejo – Magelang – Yogyakarta).

Jalur selatan cocok buat Anda yang ingin lebih santai di perjalanan sambil menikmati pemandangan. Atau jika Anda melewati jalur pantai utara, Anda bisa memakai dua jalur alternatif, jalur Temanggung dan Semarang walaupun jalan agak turun menurun dan berkelok. Jalur Temanggung (Kendal – Sukorejo – Temanggung – Magelang – Yogyakarta) relatif lebih dekat bila dibandingkan dengan jalur yang melewati kota Semarang.

Untuk menempuh jalur menuju Yogyakarta ini, Anda harus memotong jalan ke arah selatan di Weleri, Kendal melewati bukit di Sukorejo. Jalur ini pun sering dilalui oleh bus antar propinsi yang menuju ke Yogyakarta. Bila jalur Temanggung dirasa sulit dan berliku, Anda bisa lewat kota Semarang lebih dulu. Yaitu dengan memotong jalan ke arah selatan di daerah Ungaran. Jalur Semarang ini memiliki selisih 2 jam menuju Jogja jika dibandingkan dengan jalur Temanggung.

Jika Anda datang dari arah timur, misal dari Surabaya atau Malang, Anda bisa melewati jalan utama pulau Jawa. Di kota Solo, atau lebih tepatnya di Kartosuro, Anda bisa langsung ambil ke arah kiri menuju kota Yogyakarta. Melewati jalur ini, Anda tidak akan mengalami banyak kesulitan, karena arah jalan yang lurus menuju kota Jogja. Di samping itu, kualitas jalan yang luas dan mulus semakin mempermudah perjalanan Anda menuju kampus idaman.

2. Naik Kereta

Jika Anda berada di pulau Jawa, kereta api bisa menjadi salah satu sarana transportasi alternatif. Akses jalur menuju Yogyakarta dengan menggunakan kereta api tersedia dengan dua stasiun, yaitu Stasiun Yogyakarta (Tugu) dan Stasiun Lempuyangan.

Letak kedua stasiun tidak terlalu berjauhan. Jika stasiun Lempuyangan terletak dekat dengan jalan menuju kota Solo (sekitar 1 km dari stasiun Tugu), stasiun Tugu bersebelahan dengan objek wisata Malioboro. Kedua stasiun beroperasi di bawah naungan PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi VI.

Ada beberapa hal yang membedakan antara kedua stasiun sebagai jalur menuju Yogyakara ini. Stasiun Yogyakarta atau Tugu melayani kedatangan dan pemberangkatan kereta api eksekutif class dan bisnis class. Sedangkan stasiun Lempuyangan difungsikan untuk menampung kedatangan dan pemberangkantan kereta ekonomi class.

Kereta api kelas eksekutif yang melakukan pemberangkatan dan kedatangan dari stasiun Tugu di antaranya :

  • Argo Lawu,
  • Argo Wilis,
  • Argo Dwipangga,
  • Bima,
  • Gajayana,
  • Taksaka, dan
  • Turangga.

Sedangkan untuk kelas bisnis, yakni kereta

  • Mutiara Selatan,
  • Senja Utama Yogya,
  • Senja Utama Solo,
  • Fajar Utama Yogya, dan
  • Prameks.

Untuk rangkaian kelas eksekutif, bisnis dan ekonomi meliputi kereta :

  • Malabar,
  • Sancaka, dan
  • Lodaya.

Stasiun Lempuyangan melayani kedatangan dan pemberangkatan kereta api

  • Progo jurusan Pasar Senen Jakarta,
  • Sri Tanjung jurusan Banyuwangi,
  • Prameks yang menghubungkan Kutoarjo – Yogyakarta – Solo Balapan – Palur.
3. Naik Bus

Menuju Jogja dengan memakai rute bus bisa dibilang yang paling mudah. Karena saat ini sudah banyak daerah-daerah baik itu di Jawa maupun Sumatra yang membuka rute langsung jalur menuju Yogyakarta. Arah yang ditempuh bisa dari dua arah. Yaitu dari arah barat melewati kota Magelang dan arah timur melewati kota Solo.

Yogyakarta mempunyai dua terminal bus, yaitu Terminal Giwangan dan Terminal Jombor. Terminal Giwangan merupakan terminal utama di Yogyakarta dan letaknya sekitar 4 km ke arah tenggara dari pusat kota Jogja. Sedangkan terminal Jombor difungsikan sebagai terminal pembantu yang letak ada di Ringroad utara. Sebagai terminal pembantu, terminal Jombor dipakai khusus untuk bus-bus dengan jalur perjalanan utara.

Dua terminal inilah yang menampung berbagai bus yang datang dari banyak kota di Indonesia ke Jogja. Setelah turun di terminal, Anda bisa langsung melanjutkan perjalanan dengan menggunakan busway TransJogja. Tinggal menentukan tempat yang ingin Anda tuju, maka petugas TransJogja akan menunjukkan pada Anda bus dengan koridor rute mana yang akan Anda naiki. Mudah bukan menggunakan jalur menuju Yogyakarta ini.

Selain bisa menggunakan transportasi bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), Anda juga bisa memanfaatkan jasa shuttle bus terutama untuk jurusan kota Semarang dan Solo. Ada layanan shuttle bus dari dan menuju pusat kota Jogja, antara lain Joglosemar, Cipaganti, IQRA, dan Trans Jaya.

4. Naik Pesawat

Bila Anda memutuskan menggunakan jalur menuju Yogyakarta lewat jalur udara, Bandara Internasional Adisutjipto akan menyapa Anda. Nama Bandara yang sudah beroperasi selama lebih dari 50 tahun ini diambil dari nama Komodor Muda Adisutcipto.

Komodor Muda Adisutcipto adalah seorang anggota TNI AU yang dikirim ke India dan mengambil bantuan obat di Singapura. Beliau gugur setelah pesawatnya ditembak oleh pesawat pemburu milik pemerintah kolonial Belanda. Pasca insiden tersebut, nama Adisutjipto diabadikan sebagai nama bandara di Yogyakarta menggantikan nama sebelumnya, yaitu Bandara Udara Maguwo.

Sebagai bandara tersibuk keempat di wilayah Jawa – Bali, bandara Adisutjipto hampir dipastikan tak pernah sepi pengunjung. Mengingat aktifitas jadwal keberangkatan dan kedatangan pesawat yang sangat padat. Bandara ini melayani penerbangan internasional tujuan Kuala Lumpur dan Singapura. Selain itu juga melayani penerbangan domestik ke sejumlah kota besar di Indonesia. Dari kota manapun Anda di Indonesia, akan sangat mudah menggunakan jalur menuju Yogyakarta melalui jalur udara.

Sebagian besar kota di Indonesia memiliki penerbangan langsung ke Jogja. Sedangkan kota lain yang tak punya penerbangan langsung, bisa menempuh penerbangan transit. Bandara ini secara administratif berada di wilayah Kabupaten Sleman. Letaknya berada di sebelah utara-timur kota Yogyakarta dan tak jauh dari situs bersejarah Candi Prambanan.

Setelah turun dari pesawat, tengoklah kesebelah timur maka Anda juga akan dapati kawasan pegunungan seribu dengan pepohonan hijau yang rindang tempat objek wisata Istana Ratu Boko dan Candi Ijo.

Maskapai di Bandara Adisutcipto

Maskapai domestik yang beroperasi di bandara ini di antaranya :

  • Batavia Air,
  • Batik Air,
  • Express Air,
  • Garuda Indonesia,
  • Lion Air,
  • Merpati Nusantara Airlines,
  • Sriwijaya Air, dan
  • Wings

Sedangkan jalur menuju Yogyakarta untuk penerbangan internasional maskapai yang beroperasi adalah Air Asia dan Malaysian Airlines.

Bandara terdekat dengan bandar udara Adisutcipto antara lain:

  • Bandara Internasional Adi Sumarmo di kota Solo yang berjarak sekitar 65 km, dan
  • Bandara Internasional Achmad Yani di kota Semarang yang berjarak sekitar 105 km dari kota Yogyakarta.

Kondisi bangunan terminal bandara yang tidak terlalu luas, memudahkan Anda untuk sampai ke area penjemputan atau anjungan pengantar. Di depan terminal kedatangan, sebelum beranjak Anda bisa sekedar melepas lelah di banyak restoran yang terhampar di sepanjang area penjemputan. Di bagian timur bandara, Anda juga bisa menemukan beberapa kedai kopi yang juga menjual beragam makanan ringan.

Pertama Kali ke Jogja

Jika Anda pertama kali datang ke Jogja dan tidak memiliki sanak famili atau teman yang menjemput, Anda bisa langsung panggil taksi yang dapat dengan mudah Anda dapatkan di depan area penjemputan. Anda tinggal sebutkan tempat tujuan yang sudah Anda rencanakan, dan sopir taksi secara otomatis akan memutar argo.

Selain taksi, Anda juga bisa menggunakan kereta sebagai jalur menuju Yogyakarta (pusat kota). Letak bandara yang tidak terlalu jauh dari pusat kota, tidak akan menghabiskan waktu Anda untuk cepat-cepat sampai ke universitas yang ingin Anda tuju.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai penerbangan ke kota Jogja, Anda bisa kunjungi situs http://jogja-airport.com/

Demikian info berkaitan dengan Jalur Menuju Yogyakarta yang bisa Anda pilih, semoga artikel ini mencerahkan teman-teman semua. Kami berharap artikel saat pertama kali sampai di Jogja ini diviralkan agar semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Referensi:

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Leave a Comment

Komunitas Terkenal di Jogja
Komunitas Terkenal di Jogja yang Cocok untuk Anda
Pekerjaan Favorit Mahasiswa
Pekerjaan Favorit Mahasiswa di Jogja
Daerah Tempat Tinggal Favorit
Daerah Tempat Tinggal Favorit di Jogja
Tempat Olahraga Favorit
Tempat Olahraga Favorit di Jogja dan Sekitarnya
Beasiswa Kampus di Jogja Kuliah di Jogja UGM Ujian Masuk
Kegiatan OSPEK
Kegiatan OSPEK untuk Kuliah Pertama Kali
Dunia Kampus
Mengenal Dunia Kampus yang Harus Diketahui
Lolos SBMPTN
Tips Lolos SBMPTN dengan Cara Smart

Alam

Hutan dan Gunung Pantai Wisata Air Wisata Alam Lainnya

Sejarah

Bangunan Bersejarah Candi Monumen Museum

Seni Budaya

Kebudayaan Kesenian Tradisi

Wisata Lain

Desa Wisata Minat Khusus Wisata Buatan Wisata Religi
Digital Marketing Peluang Bisnis Peluang Investasi
Investasi Properti Syariah yang Aman dan Menguntungkan
Investasi Properti Syariah yang Aman dan Menguntungkan
Peluang Bisnis Synergy Worldwide Mudah dan Menguntungkan
Jasa Digital Marketing
Jasa Digital Marketing Murah dan Profesional di Jogja
Penginapan Murah di Sekitar Jalan Parangtritis Jogja
Penginapan Murah di Sekitar Jalan Parangtritis Jogja
Guest House Mercury Prawirotaman
Guest House Mercury Prawirotaman Hotel Nuansa Jawa
Guest House Mas Gun
Guest House Mas Gun di Jalan Prawirotaman
Penginapan Murah di Jogja
Penginapan Murah di Jogja bagi Para Wisatawan