Jalur Seleksi Masuk Perguruan Tinggi di Indonesia

Jalur seleksi masuk perguruan tinggi di Indonesia sangatlah beragam. Setidaknya perguruan tinggi negeri (PTN) hingga saat ini masih menjadi pilihan daripada perguruan tinggi swasta (PTS). Terkadang faktor biaya dan kualitas pembelajaran menjadi alasannya.

Jalur Seleksi Masuk Perguruan Tinggi

Beragam Jalur Seleksi Masuk Perguruan Tinggi

Namun, opini ini sudah mulai bergeser. Sekarang banyak PTS yang bahkan lebih unggul dari PTN. Masalah biaya juga sudah tidak terlalu menjadi momok, karena justru banyak PTS menawarkan biaya studi yang sama dengan PTN, bahkan lebih murah.

Berikut beberapa jalur seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta :

1. Jalur SNMPTN

Program Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) merupakan jalur seleksi masuk perguruan tinggi / universitas terfavorit. Di mana calon mahasiswa dapat masuk ke universitas yang dituju tanpa tes sama sekali. Standar penilaian pada program SNMPTN biasanya diambil dari nilai raport dan juga prestasi calon mahasiswa di sekolah mereka masing-masing. Baik dari segi akademik maupun non-akademik.

Pihak universitas akan melakukan penjaringan siswa berprestasi di sekolah para calon mahasiswa sebelumnya. Untuk mengikuti program SNMPTN, maka Anda harus menanyakan kepada pihak sekolah. Universitas mana saja yang membuka program SNMPTN bagi sekolah tempat Anda belajar. Untuk kemudian, nama Anda dapat diajukan oleh pihak sekolah.

Untuk program SNMPTN ini, Anda hanya berhak untuk memilih 1 atau 2 universitas, dengan memilih sebanyak-banyaknya 3 program studi. Dengan ketentuan satu PTN maksimal dua program studi. Jika Anda memilih 2 PTN, maka salah satu PTN harus berada di provinsi yang sama dengan SMA Anda berada. Dengan urutan universitas dan program studi menyatakan prioritas pilihan. Namun, jika hanya memilih satu maka Anda bisa memilih PTN di provinsi manapun.

Ketentuan tersebut dibuat untuk memberikan kesempatan pada yang lainnya buat masuk dalam kuota penerimaan universitas. Di samping itu, hal lain juga harus diperhatikan, karena program SNMPTN ini sedikit banyak akan membawa reputasi sekolah asal. Maka Anda tidak boleh mengundurkan diri atau reputasi sekolah Anda akan menjadi jelek. Hal tersebut tentunya akan berdampak pada mengurangnya kuota penerimaan pada tahun-tahun berikutnya.

2. Jalur SBMPTN

Bagi Anda yang belum berkesempatan untuk mengikuti jalur SNMPTN. Apakah itu karena sekolah belum terdaftar pada PDSS atau belum lolos kriteria. Anda dapat mengikuti jalur SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri). SBMPTN merupakan jalur yang paling banyak ditempuh siswa pelamar. Sebab siapa saja dari seluruh Indonesia bisa mendaftar. Jalur ini merupakan jalur seleksi masuk perguruan tinggi yang paling ketat. Karena calon mahasiswa harus berkompetisi dengan puluhan ribu pelamar yang lainnya.

SBMPTN adalah mekanisme seleksi masuk PTN lewat ujian tertulis yang dilakukan secara serentak. Tujuan dari diselenggarakannya jalur ini yaitu untuk menjaring calon mahasiswa yang diprediksi bisa menyelesaikan studi di perguruan tinggi dengan baik. Dan juga memberi kesempatan bagi calon mahasiswa buat memilih lebih dari satu PTN lintas wilayah.

Di jalur seleksi masuk perguruan tinggi ini, siswa pelamar memilih 3 jurusan yang berbeda. Baik yang ambil jalur ujian IPA, IPS, ataupun IPC (gabungan antara IPA dan IPS). Pada hari pertama, semua peserta jalur ujian akan mengerjakan Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Bidang Studi Dasar (TBSD).

Sedangkan untuk hari yang kedua, tes sudah dibedakan menurut jalur ujian yang masing-masing siswa peserta ambil. Bagi pelamar yang memilih jurusan perkuliahan olahraga dan jurusan desain dan seni rupa diwajibkan untuk mengikuti ujian keterampilan dasar. Yang disesuaikan dengan jurusan yang diambil.

Dalam memilih universitas, Anda pun harus hati-hati. Disamping terus berusaha untuk lulus seleksi masuk perguruan tinggi, Anda juga harus mengetahui kemampuan diri. Karena semakin favorit universitas dan jurusan yang dipilih, maka biasanya kompetisi akan semakin ketat. Jadi di samping terus berusaha, juga harus berfikir realistis. Namun, jika sudah cukup percaya diri berkompetisi dengan banyaknya pelamar lain, maka maju ke depan adalah pilihan yang paling tepat.

Sebagai bahan panduan untuk mengetahui tingkat persaingan tiap jurusan, Anda dapat melihat panduan passing grade yang banyak dimiliki tempat bimbel. Passing grade adalah nilai SBMPTN terendah yang lulus diterima suatu jurusan di PTN tertentu. Dengan mengetahui masing-masing passing grade di tiap-tiap jurusan, maka diharapkan Anda bisa menimbang tingkat kemampuan Anda.

3. Jalur UMPTN dan Jalur Masuk PTS

Jalur Ujian Masuk adalah program seleksi masuk perguruan tinggi atau penerimaan mahasiswa baru yang dilakukan oleh pihak universitas secara mandiri. Mekanisme Ujian Mandiri Perguruan Tinggi Negeri diatur oleh masing-masing universitas yang bersangkutan. Tujuan dari diadakannya jalur ujian masuk secara mandiri oleh PTN yaitu untuk mendapat calon mahasiswa yang potensial. Di luar jalur-jalur seleksi selain jalur ujian mandiri, walaupun tidak semua universitas negeri mengadakan jalur ujian ini.

Bagi calon mahasiswa, jalur ujian masuk ini bisa menjadi alternatif seandainya belum berhasil lolos pada seleksi SNMPTN. Tak jauh berbeda dengan jalur ujian mandiri yang diadakan oleh beberapa universitas negeri. Perguruan tinggi swasta pun melakukan ujian masuk bagi mahasiswa bar, dengan mekanisme yang diatur oleh masing-masing universitas bersangkutan.

Tahun 2013, prosentase kuota penerimaan mahasiswa baru yaitu sebagai berikut:

  • SNMPTN : 50 % dari total kuota  yang ada di PTN
  • SBMPTN : 30 % dari total kuota  yang ada di PTN
  • UMPTN : 20 % dari total kuota  yang ada di PTN

Demikian info perihal Jalur Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Favorit, kami harap postingan ini bermanfaat buat teman-teman semua. Kami berharap postingan cara masuk kampus ini dishare supaya semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Referensi:

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Leave a Comment

Komunitas Terkenal di Jogja
Komunitas Terkenal di Jogja yang Cocok untuk Anda
Pekerjaan Favorit Mahasiswa
Pekerjaan Favorit Mahasiswa di Jogja
Daerah Tempat Tinggal Favorit
Daerah Tempat Tinggal Favorit di Jogja
Tempat Olahraga Favorit
Tempat Olahraga Favorit di Jogja dan Sekitarnya
Beasiswa Kampus di Jogja Kuliah di Jogja UGM Ujian Masuk
Kegiatan OSPEK
Kegiatan OSPEK untuk Kuliah Pertama Kali
Dunia Kampus
Mengenal Dunia Kampus yang Harus Diketahui
Lolos SBMPTN
Tips Lolos SBMPTN dengan Cara Smart

Alam

Hutan dan Gunung Pantai Wisata Air Wisata Alam Lainnya

Sejarah

Bangunan Bersejarah Candi Monumen Museum

Seni Budaya

Kebudayaan Kesenian Tradisi

Wisata Lain

Desa Wisata Minat Khusus Wisata Buatan Wisata Religi
Digital Marketing Peluang Bisnis Peluang Investasi
Investasi Properti Syariah yang Aman dan Menguntungkan
Investasi Properti Syariah yang Aman dan Menguntungkan
Peluang Bisnis Synergy Worldwide Mudah dan Menguntungkan
Jasa Digital Marketing
Jasa Digital Marketing Murah dan Profesional di Jogja
Penginapan Murah di Sekitar Jalan Parangtritis Jogja
Penginapan Murah di Sekitar Jalan Parangtritis Jogja
Guest House Mercury Prawirotaman
Guest House Mercury Prawirotaman Hotel Nuansa Jawa
Guest House Mas Gun
Guest House Mas Gun di Jalan Prawirotaman
Penginapan Murah di Jogja
Penginapan Murah di Jogja bagi Para Wisatawan