Kehidupan Perkuliahan di Jogja

Disini adalah tahap dimana Anda sudah masuk dalam kehidupan perkuliahan di Jogja dan kota lainnya. Setelah tahu dunia kampus dan OSPEK, kini Anda juga harus tahu seperti apa dunia perkuliahan baik itu di kampus-kampus Jogja maupun di kota-kota lainnya. Simak baik-baik ulasan dari kami ini supaya menambah wawasan Anda.

Perkuliahan di Jogja

Kehidupan Perkuliahan di Jogja

Di artikel ini kami banyak menyebut perkuliahan di Jogja bukan menyebutkan dunia perkuliahan secara umum. Karena di sini kami memang membahas dunia perkuliahan yang ada di Jogja saja. tapi pada intinya dunia perkuliahan di mana pun sama kehidupannya seperti yang akan kami jelaskan ini.

Berikut beberapa dunia atau kehidupan perkuliahan di Jogja dan kota-kota lain yang memang ada perguruan atau sekolah tingginya :

Kelas Perkuliahan

Suasana perkuliahan tidak seperti kelas di sekolah. Kalau di sekolah biasanya kelasnya dalam satu tahun tak pernah ganti. Di kampus, kelasnya bergantian. Artinya, kelas belajarnya bepindah-pindah. Untuk memudahkan hal itu, di jadwal kuliah, sudah ada mata kuliah, waktu kuliah, dan ruangan kuliahnya. Makanya, di dunia atau kehidupan perkuliahan di Jogja dan kota lainnya tidak ada yang namanya jadwal piket seperti di sekolah. Urusan membersihkan ruangan kelas kuliah, sudah ditangani oleh pihak kampus.

bannerlbo

Kemudian, kalau di sekolah ada meja dan kursi, di ruang kuliah hanya ada kursi berpapan. Selain itu, sistem perkuliahannya adalah moving class. Kadang-kadang kita bisa dapat kelas besar dengan murid yang jumlahnya mencapai lebih dari 50 mahasiswa. Terkadang kita hanya mendapat kelas kecil yang jumlah pesertanya kurang dari 10 orang. Bahkan kadang semua kelas dalam satu jurusan digabung, yang sering disebut dengan kuliah umum.

Kemudian, untuk jam masuk kuliah juga tidak sama dengan jam sekolah. Kalau masuk sekolah, rata-rata masuk mulai jam 07.00 sampai siang jam 13.30 WIB. Saat kuliah, jamnya jadi acak. Bisa jadi hari ini kita ada kelas di pukul 09.00 – 11.00, kemudian baru lanjut kuliah lagi pukul 15.30 sampai jam 17.00 WIB. Besoknya kita masuk sore hari saja, besoknya lagi masuk dari pagi sampai sore dan kelasnya pindah-pindah. Atau, dalam seminggu kita hanya kuliah tiga hari. Pokoknya acak!

bannerlbo
Mata Kuliah

Dunia perkuliahan di Jogja dan kota lain yang pastinya beda dengan sekolah yaitu dalam hal pelajaran. Kalau di sekolah kita semua mendapatkan materi yang sama, berbeda halnya dengan yang ada di kampus. Karena di sebuah kampus biasanya memiliki berbagai jurusan, maka mata kuliahnya pun lebih fokus sesuai bidang tersebut. Biasanya, untuk semester awal Anda akan mendapatkan 6 sampai 8 mata kuliah.

Absensi Perkuliahan

Kemudian, urusan absensi perkuliahan di Jogja, beda sama absensi di sekolah. Kalau di sekolah, biasanya yang absenin itu guru atau ketua kelas. Dan kalau absensi kita 3 hari tidak berangkat, guru atau wali kelas kita bakalan nanya yang macam-macam sama kita. Bahkan guru atau wali kelas bisa datang ke rumah kita. Hal itu karena guru mempunyai rasa tanggung jawab yang besar dengan pendidikan murid-muridnya.

Kalau di kampus, kita mau absen atau tidak, mau berangkat kuliah atau tidak, itu terserah kita. Dosen tidak peduli kita malas-malasan. Karena konsekuensinya sudah jelas, kita yang membutuhkan dosen. Dan kalau kita malas, kita akan lama lulus kuliahnya atau bahkan terancam gagal.

Teknis absensi itu sendiri beberapa ada yang masih mengandalkan tanda tangan mahasiswa. Kampus yang sudah maju, biasanya sudah membuat program absensi mahasiswanya dengan memakai kartu mahasiswa. Seperti kartu ATM, tinggal digesek.

Metode Penilaian Perkuliahan

Untuk segi penilaian perkuliahan di Jogja, antara di kampus sama di sekolah itu sangat berbeda. Sistem penilaiannya, kalau di sekolah nilainya dari 1 – 10, atau 10 – 100, kalau di kampus beda. Nilainya memakau huruf seperti nilai A, B, C, D, dan E.

Di kampus, tidak ada sistem remedi atau ujian perbaikan. Kalau nilai kita jelek (nilai minimal C), resikonya adalah tidak lulus. Dan Anda harus mengulang kembali mata kuliah tersebut selama satu semester. Atau Anda bisa mengikuti semester pendek (2 bulan) yang waktunya diadakan saat liburan panjang seperti liburan lebaran dan penerimaan mahasiswa baru.

Kemudian ada yang namanya SKS. Tiap mata kuliah memiliki bobot SKS (Satuan Kredit Semester) tertentu. Misalnya, Anda ambil mata kuliah Manajemen Keuangan. Dari pihak kampus mewajibkan mahasiswanya untuk mengambil 6 SKS untuk mata kuliah tersebut. Bedanya apa 6 SKS dengan 3 SKS? Atau 2 SKS dengan 4 SKS?

Intinya, SKS itu sama seperti jam kuliah. Kalau mata kuliah A ada 6 SKS yang harus diambil, berarti dalam satu minggu, Anda harus mengikuti 6 jam perkuliahan. Satu jam dalam kuilah biasanya 40 – 45 menit.

Nantinya, setelah Anda mengikuti ujian semester, akan muncul yang namanya IP (Indeks Prestasi). Dari rata-rata nilai seluruh mata kuliah akan muncul IP dengan skala 1 sampai 4. Untuk bisa lulus, kita harus mengumpulkan jumlah SKS tertentu. Biasanya untuk jenjang S1 adalah 146 SKS, yang umumnya bisa dicapai dalam 8 semester.

Bedanya Dosen dan Guru

Membahas tentang perbedaan antara guru dan dosen, tentu saja ini menarik. Kalau di sekolah namanya guru, kalau di kampus namanya dosen. Untuk menjadi seorang dosen, Dosen tidak akan repot-repot mengingatkan kita untuk mengumpulkan tugas atau memperhatikan pelajaran. Di sini kitalah yang harus bertanggung jawab secara penuh terhadap diri sendiri. Namun, seperti guru, dosen juga punya berbagai karakter. Ada yang killer, santai, seru dan banyak lainnya.

Perbedaan yang lainnya dan cukup terasa adalah seorang guru lebih dekat dengan siswanya daripada seorang dosen dengan mahasiswanya. Ikatan emosional antara guru dan siswa sangat terasa dan begitu kuat. Sedangkan dosen dan mahasiswa, ikatan emosionalnya tidak begitu besar, lebih besar ikatan profesionalnya.

Dengan perbedaan yang cukup signifikan, kitalah yang harus berusaha keras untuk menangkap materi dari dosen dan menggali ilmu mereka. Itulah menariknya perkuliahan di Jogja.

Tugas Kuliah dan Presentasi

Tugas kuliah itu juga tidak sama dengan tugas sekolah. Tugas kuliah seringkali mengarahkan mahasiswa untuk mengembangkan apa-apa yang sudah diajarkan dosen. Berbeda dengan tugas sekolah yang jawabannya sudah pernah diajarkan di kelas. Kalau tugas kuliah sedikit banyak akan menuntut kita untuk lebih mandiri dan memecahkan masalah yang dijumpai.

Makanya, tidak jarang mahasiswa yang stress karena tugas kuliah. Tapi seberapa beratnya tugas kuliah, para mahasiswa tetap bisa melakukannya.

Selain itu, di perkuliahan di Jogja dan di tempat lain juga seringkali menuntut kita untuk tampil di depan dan mempresentasikan yang kita kerjakan. Dalam hal ini adalah tugas, makalah, dan gagasan. Kadang presentasi sendiri, kemudian teman-teman kita di kampus mengkritisi presentasi kita. Disitu kita akan belajar yang namanya mempertahankan argument dan menerima kritikan.

Ada kalanya juga kita kerja tim. Dalam satu presentasi ada banyak teman yang menjadi tim kita. Disini kita belajar bagaimana bekerja secara tim dan menyelesaikan tugas dengan berdiskusi dan mencari jawabannya secara bersama.

Selain kehidupan perkuliahan di Jogja yang unik di atas sebenarnya masih ada hal-hal lain seperti :

  • Organisasi Kampus
  • Kuliah Kerja Nyata
  • Tugas Akhir atau Skripsi
  • dll

Sekian informasi berkaitan dengan kehidupan perkuliahan di Jogja, kami harap post kali ini membantu kalian. Mohon artikel kuliah di Jogja ini disebarluaskan biar semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Referensi:

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

22793

Leave a Comment

Komunitas Terkenal di Jogja
Komunitas Terkenal di Jogja yang Cocok untuk Anda
Pekerjaan Favorit Mahasiswa
Pekerjaan Favorit Mahasiswa di Jogja
Daerah Tempat Tinggal Favorit
Daerah Tempat Tinggal Favorit di Jogja
Tempat Olahraga Favorit
Tempat Olahraga Favorit di Jogja dan Sekitarnya
Beasiswa Kampus di Jogja Kuliah di Jogja UGM Ujian Masuk
Organisasi Kampus
Manfaat Ikut Organisasi Kampus yang Perlu Mahasiswa Tahu
Perkuliahan di Jogja
Kehidupan Perkuliahan di Jogja
Kegiatan OSPEK
Kegiatan OSPEK untuk Kuliah Pertama Kali

Alam

Hutan dan Gunung Pantai Wisata Air Wisata Alam Lainnya

Sejarah

Bangunan Bersejarah Candi Monumen Museum

Seni Budaya

Kebudayaan Kesenian Tradisi

Wisata Lain

Desa Wisata Minat Khusus Wisata Buatan Wisata Religi
Digital Marketing Peluang Bisnis Peluang Investasi
Investasi Properti Syariah yang Aman dan Menguntungkan
Investasi Properti Syariah yang Aman dan Menguntungkan
Peluang Bisnis Synergy WorldWide 1
Peluang Bisnis Synergy Worldwide Mudah dan Menguntungkan
Jasa Digital Marketing
Jasa Digital Marketing Murah dan Profesional di Jogja
Penginapan Murah di Sekitar Jalan Parangtritis Jogja
Penginapan Murah di Sekitar Jalan Parangtritis Jogja
Guest House Mercury Prawirotaman
Guest House Mercury Prawirotaman Hotel Nuansa Jawa
Guest House Mas Gun
Guest House Mas Gun di Jalan Prawirotaman
Penginapan Murah di Jogja
Penginapan Murah di Jogja bagi Para Wisatawan