Kenapa Harus Kuliah di Jogja Bukan ke Kota yang Lain

Topik kita kali ini ialah Kenapa Harus Kuliah di Jogja bukan ke Kota yang Lain. Apa sih enaknya kuliah di Jogja? Untuk kamu yang belum pernah ke Jogja pasti penasaran. Selain menjadi salah satu ikon kota wisata paling populer di Indonesia, kota Jogja juga memiliki beragam keunikan yang tidak dimiliki kota-kota lain. Tidak hanya untuk berlibur, tapi juga untuk belajar.

Kenapa Harus Kuliah di Jogja

Alasan Kenapa Harus Kuliah di Jogja (Yogyakarta)

Berikut ini beberapa alasan kenapa harus kuliah di Jogja bukan ke daerah yang lainnya yaitu :

Jogja Kota Pelajar

Alasan pertama kenapa harus kuliah di Jogja yaitu Jogja sebagai kota pelajar. Dunia pendidikan Indonesia tidak bisa lepas dari peran dan perkembangan pendidikan di Yogyakarta. Kota ini menjadi tempat lahirnya Ki Hadjar Dewantara, Bapak Pendidikan Nasional Indonesia, dan menjadi tempat diselenggarakannya Kongres Boedi Oetomo. Selain lekat dengan sejarah perkembangan pendidikan, kota Yogyakarta memiliki perguruan tinggi swasta tertua yaitu Universitas Islam Indonesia (UII) dan universitas terbaik di Indonesia, Universitas Gadjah Mada (UGM).

Kota Jogja sebagai Indonesia Mini

Alasan selanjutnya kenapa harus kuliah di Jogja yaitu Jogja sebagai Indonesia Mini. Saking banyaknya mahasiswa yang berdatangan, banyak yang mengibaratkan kota Jogja sebagai miniatur Indonesia. Bagaimana tidak, para pelajar datang dari berbagai penjuru Indonesia seperti dari Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, NTB, Papua dan daerah-daerah lainnya. Karena menjadi melting pot bagi para penuntut ilmu, suasana Jogja menjadi begitu beragam. Disini kita bisa bergaul dengan teman-teman dari Papua tanpa harus jauh terbang kesana, bersahabat dengan orang Medan, dan mengenal berbagai macam watak orang dari seluruh penjuru Indonesia.

Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Politeknik dan berbagai macam institusi pendidikan ada di Jogja. Banyaknya jumlah perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta, juga dibarengi dengan kualitas pendidikan yang disajikan. Beberapa perguruan tinggi di Jogja bahkan masuk dalam kategori kampus dunia versi webometrics. Hal tersebut dilengkapi dengan berbagai macam prestasi skala nasional dan internasional yang ditorehkan oleh baik institusi, dosen, dan mahasiswa.

Perguruan Tinggi Jogja Berkualitas

Alasan berikutnya kenapa harus kuliah di Jogja yaitu Kampusnya Berkualitas. Menariknya, kualitas pendidikan tinggi di Yogyakarta tidak hanya didominasi oleh kampus negeri ternama saja. Kota ini memiliki banyak perguruan tinggi swasta ternama yang tidak kalah berkualitas. Banyak kampus swasta ternama di Yogyakarta telah terakreditasi A oleh BAN-PT. Disisi lain, banyak dari keunggulan jurusan yang ditawarkan cukup merata. Setiap perguruan tinggi menawarkan detail keunggulan untuk masing-masing jurusan.

Sebagai contoh, Universitas Islam Indonesia yang menonjol di bidang hukum, Universitas Sanata Dharma dengan sastra Inggrisnya, atau Universitas Pembangunan Nasional ‘Veteran’ yang unggul di bidang studi perminyakan. Karena memiliki begitu banyak institusi pendidikan tinggi, membuat biaya pendidikan juga semakin kompetitif, dari murahnya biaya pendidikan, penawaran beasiswa, hingga kuliah gratis sampai lulus bagi mahasiswa berprestasi.

Saat ini, Yogyakarta memiliki kurang lebih 120-an perguruan tinggi, dengan 9 perguruan tinggi berhasil menempati 50 besar universitas terbaik di Indonesia.

Banyak Asrama Mahasiswa di Jogja

Alasan selanjutnya kenapa harus kuliah di Jogja adalah banyak asrama mahasiswa. Banyaknya pelajar yang datang dari berbagai daerah didukung dengan dibangunnya asrama mahasiswa provinsi maupun kabupaten. Banyak pemerintah daerah mendirikan asrama mahasiswa untuk bisa ditinggali oleh para putra daerah. Jadi, misal kamu datang dari Sumatra Barat, di Jogja sudah tersedia asrama mahasiswa Sumatra Barat, atau buat kamu yang datang dari Makassar, asramanya juga ada. Asrama-asrama daerah ini menjadi tempat berkumpulnya teman sedaerah yang nantinya diharapkan bisa saling kenal saat pulang membangun daerahnya masing-masing.

Fasilitas Pendidikan di Jogja Memadai

Alasan berikutnya kenapa harus kuliah di Jogja adalah fasilitas pendidikan yang memadai. Dari banyaknya perguruan tinggi yang ada, masing-masing menawarkan berbagai macam fasilitas penunjang studi; seperti pelatihan pengembangan diri atau asrama gratis bagi mahasiswa, salah satunya UGM yang menyediakan asrama ‘Agent of Change’ atau pesantren mahasiswa UII.

Suasana kota yang dinamis dengan beragam kegiatan kesenian, akademik, maupun liburan, menunjang kelengkapan berbagai macam kebutuhan. Bagi pelajar, tidak sulit untuk mendapatkan toko buku dengan koleksi buku baru maupun second hand. Bahkan, saat ini banyak toko buku besar menggratiskan bukunya untuk sekedar kamu baca ditempat.

Institusi penerbitan dan media berkembang pesat di kota ini, maka tidak salah jika banyak mahasiswa maupun alumni perguruan tinggi di Yogyakarta merajai wajah media di Indonesia. Selain itu, terdapat juga banyak jasa fotokopi yang bisa menjilid buku dengan biaya yang murah.

Meskipun kota Yogyakarta sudah semakin padat dan berkembang, namun hal tersebut tidak terlalu mengganggu suasana belajar. Yogyakarta menyajikan suasana belajar yang kondusif, jauh dari hiruk pikuk suasana perkotaan.

Sarana Penunjang Pendidikan Lainnya

Alasan selanjutnya kenapa harus kuliah di Jogja yakni sarana penunjang pendidikan. Di samping kegiatan akademik, mahasiswa juga dapat memuaskan hobi olahraga. Hampir semua sarana olahraga ada di Yogyakarta. Pusat perbelanjaan juga tersebar merata hampir ditiap sudut kota. Sarana penunjang yang lain, seperti rumah sakit, perpustakaan kampus maupun umum, toko komputer dan elektronik, fasilitas taman bermain dan hiburan, bank dan ATM, dan layanan jasa pengiriman semua ada disini.

Fasilitas transportasi juga tidak begitu sulit didapatkan. Walaupun di kota Jogja tidak mudah untuk mendapatkan angkutan umum seperti mikrolet di Jakarta, kamu bisa memanfaatkan busway Trans Jogja atau bisa juga menggunakan layanan antar-jemput ojek panggilan atau bisa juga ojeg online. Akses ke kota Jogja juga sangat mudah, kita bisa menggunakan semua alat transportasi, baik itu dengan menggunakan pesawat, bus, kendaraan pribadi, maupun kereta.

Banyak Komunitas Belajar di Jogja

Alasan berikutnya kenapa harus kuliah di Jogja yakni banyak komunitas belajar. Dengan jumlah mahasiswa yang mencapai puluhan ribu, berkembang berbagai macam komunitas, mulai dari komunitas akademik seperti komunitas diskusi, lembaga sosial, kursus bahasa dan vokal, hingga komunitas hobi-hobi tertentu, seperti komunitas parkour, skateboard, musik, dan lain sebagainya. Beberapa kampus di Jogja menyelenggarakan berbagai macam kelas internasional dan program pertukaran pelajar. Maka tak jarang kita temukan mahasiswa luar negeri tersebar di banyak kampus.

Suasana Jogja yang dinamis dan kondusif untuk belajar secara tidak langsung memberikan dampak terhadap peningkatan jumlah mahasiswa asing. Hal tersebut menjadi kesempatan bagi pelajar Indonesia untuk bertukar informasi berikut menambah wawasan global.

Biaya Hidup di Jogja yang Relatif Murah

Alasan lain kenapa harus kuliah di Jogja yakni biaya hidup murah. Jika dibandingkan dengan kota besar lain di Indonesia, biaya hidup di Yogyakarta relatif lebih murah. Hal paling mendasar adalah biaya tempat tinggal dan makan. Bayangkan saja, dengan hanya bermodalkan uang 2000 rupiah kamu masih bisa dapat nasi bungkus kecil. Begitu juga biaya tempat tinggal, transportasi, dan berbagai macam sarana penunjang belajar, semuanya murah meriah. Tapi bagaimanapun dan dimanapun, murah tidaknya biaya juga ditentukan oleh gaya hidup kamu masing-masing.

Budaya dan Pariwisata Jogja

Alasan lain kenapa harus kuliah di Jogja yaitu pariwisata. Wisata dan budaya di Jogja tidak perlu diragukan lagi keindahan dan keunikannya. Jadi bila sedang suntuk atau bosen setelah lama belajar, kamu bisa berlibur ke obyek wisata yang ada di Jogja. Budaya Jawa yang kental dan wisatanya yang menawan membuat Jogja cocok untuk tujuan kuliah kamu.

Keramahan dan Keamanan Jogja

Alasan lain kenapa harus kuliah di Jogja adalah keramahan dan keamanan. Yogyakarta merupakan provinsi paling layak huni di Indonesia. Jogja memang aman karena memiliki tingkat kriminalitas terendah. Jogja kota paling aman di Indonesia dengan tata krama dan adat istiadat luhur jawa yang masih terjaga. Jangan heran kalau di Jogja kamu akan sering melihat orang tersenyum dan tertawa karena bahagia. Dijamin kamu tidak akan pernah kesulitan tinggal di kota seramah Jogja. Bukan hanya angkringan dan lesehannya saja yang hangat, setiap sudut jogja itu hangat dan bersahabat.

Sekian info perihal Kenapa Harus Kuliah di Jogja, semoga post ini mencerahkan kawan-kawan semua. Tolong post ini dishare biar semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Referensi:

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Leave a Comment

Komunitas Terkenal di Jogja
Komunitas Terkenal di Jogja yang Cocok untuk Anda
Pekerjaan Favorit Mahasiswa
Pekerjaan Favorit Mahasiswa di Jogja
Daerah Tempat Tinggal Favorit
Daerah Tempat Tinggal Favorit di Jogja
Tempat Olahraga Favorit
Tempat Olahraga Favorit di Jogja dan Sekitarnya
Beasiswa Kampus di Jogja Kuliah di Jogja UGM Ujian Masuk
Kegiatan OSPEK
Kegiatan OSPEK untuk Kuliah Pertama Kali
Dunia Kampus
Mengenal Dunia Kampus yang Harus Diketahui
Lolos SBMPTN
Tips Lolos SBMPTN dengan Cara Smart

Alam

Hutan dan Gunung Pantai Wisata Air Wisata Alam Lainnya

Sejarah

Bangunan Bersejarah Candi Monumen Museum

Seni Budaya

Kebudayaan Kesenian Tradisi

Wisata Lain

Desa Wisata Minat Khusus Wisata Buatan Wisata Religi
Digital Marketing Peluang Bisnis Peluang Investasi
Investasi Properti Syariah yang Aman dan Menguntungkan
Investasi Properti Syariah yang Aman dan Menguntungkan
Peluang Bisnis Synergy Worldwide Mudah dan Menguntungkan
Jasa Digital Marketing
Jasa Digital Marketing Murah dan Profesional di Jogja
Penginapan Murah di Sekitar Jalan Parangtritis Jogja
Penginapan Murah di Sekitar Jalan Parangtritis Jogja
Guest House Mercury Prawirotaman
Guest House Mercury Prawirotaman Hotel Nuansa Jawa
Guest House Mas Gun
Guest House Mas Gun di Jalan Prawirotaman
Penginapan Murah di Jogja
Penginapan Murah di Jogja bagi Para Wisatawan