Lembaga Penyedia Beasiswa Pendidikan di Jogja

Pembahasan kita kali ini adalah lembaga penyedia beasiswa pendidikan di Jogja. Setelah tahu cara-cara untuk mendapatkan beasiswa pendidikan, selanjutnya Anda harus tahu lembaga mana saja yang yang mau memberikan beasiswa tersebut? Banyak skema beasiswa yang bisa Anda raih. Baik itu beasiswa yang diselenggarakan oleh lembaga atau institusi pemerintah, swasta, individu, yayasan, ataupun universitas masing-masing.

Lembaga Penyedia Beasiswa

Lembaga Penyedia Beasiswa Pendidikan

Berikut beberapa lembaga penyedia beasiswa pendidikan yang bisa Anda :

a. Beasiswa Bidik Misi

Lembaga penyedia beasiswa pendidikan yang pertama adalah Bidik Misi. Beasiswa Bidik Misi merupakan bantuan biaya pendidikan yang diselenggarakan pemerintah melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kepada siswa-siswi SMA sederajat. Kemendikbud memfasilitasi siswa-siswi SMA atau sederajat yang ingin melanjutkan jenjang ke pendidikan tinggi.

Selain itu mereka ini memiliki prestasi yang baik dalam bidang akademik maupun ekstrakurikuler, namun kurang mampu secara ekonomi. Mahasiswa penerima bantuan beasiswa ini akan menerima uang bulanan untuk biaya hidup.

Selain poin-poin di atas, syarat lain untuk beasiswa ini adalah usia maksimal 21 tahun saat mendaftar dan memiliki kesehatan yang baik. Siswa yang mau mendapat beasiswa bidik misi mesti benar-benar yang tak mampu. Dengan ketentuan untuk orang tua / wali :

  • pendapatan kotor gabungan sebesar-besarnya Rp 3 juta per bulan.
  • pendapatan kotor gabungan dibagi jumlah anggota keluarga sebesar-besarnya Rp 750 ribu per bulan.
  • pendidikan setinggi-tingginya S1 atau D4.
Tahapan Beasiswa Bidik Misi

Lembaga penyedia beasiswa Bidik Misi membuat beberapa jalur yang bisa dipilih oleh masyarakat, sekolah, siswa / alumni, dan mahasiswa. Untuk pendaftaran beasiswa bidik misi melalui jalur sekolah, bisa mengikuti tahapan berikut ini :

  1. Pihak sekolah (Kepala Sekolah) melakukan pendaftaran melalui laman https://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/sekolah/daftar
  2. Setelah pendaftaran, pihak sekolah akan mendapatkan kode akses yang akan diverifikasi maksimal 1 x 24 jam pada hari kerja untuk kemudian dengan menggunakan NPSN dan kode yang telah diverifikasi, pihak sekolah bisa login ke laman https://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/sekolah/login
  3. Pihak sekolah mengisi data-data yang dibutuhkan, seperti : data unas, prestasi siswa dan daftar siswa yang telah lulus dan akan lulus.
  4. Siswa pelamar melakukan pendaftaran melalui situs di atas dan mengisi data yang diperlukan. Bagi yang sudah sampai ditahap seleksi akan mendapatkan PIN yang bisa digunakan untuk pendaftaran seleksi masuk.
  5. Formulir dan kartu pendaftaran beasiswa bisa dicetak sesudah UN pada sistem pendaftaran beasiswa bidik misi.
  6. Siswa pelamar beasiswa bidik misi harus mempersiapkan berbagai dokumen yang dibutuhkan.

Dokumen yang harus dipersiapkan dan dilampirkan seperti

  • surat keterangan tak mampu dari kelurahan tempat tinggal siswa. Bila tak punya akses ke kelurahan, bisa diganti juga dengan surat keterangan dari RT, RW atau tokoh masyarakat.
  • surat keterangan gaji untuk yang orang tuanya PNS / swasta.
  • surat pernyataan rata-rata pendapatan dalam kurun waktu 6 bulan terakhir untuk yang orang tuanya seorang wiraswasta / pegawai informal.
  • fotokopi tagihan listrik, internet, air, dan bukti pembayaran PBB untuk kurun waktu tiga bulan terakhir.
  • rapor, ijazah, sertifikat / foto piala yang ada nama siswa dan diperkuat dengan surat keterangan dari sekolah.
b. Beasiswa Bantuan Belajar Mahasiswa (BBM)

Lembaga penyedia beasiswa selanjutnya yaitu Beasiswa Bantuan Belajar Mahasiswa atau yang biasa disingkat BBM. Beasiswa ini merupakan bantuan biaya pendidikan yang diselenggarakan pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Tinggi) Kemendikbud kepada mahasiswa PTN yang memiliki potensi akademik memadai namun kurang mampu secara ekonomi. Mahasiswa penerima bantuan ini akan mendapat bantuan sekurang-kurangnya senilai Rp 350 ribu per bulan selama jangka waktu satu tahun.

Syarat pendaftaran beasiswa yang dibuka tiap bulan Februari-Maret ini adalah mahasiswa harus masih tercatat sebagai mahasiswa S-1, minimal semester IV dan maksimal semester X, memiliki IPK minimal 2,50 dan tidak berstatus sedang menerima beasiswa dari institusi lain. Beasiswa diutamakan bagi mahasiswa yang aktif dalam kegiatan kemahasiswaan yang diprogramkan oleh perguruan tinggi, berasal dari keluarga kurang mampu dengan penghasilan kotor gabungan orangtua sebesar Rp 3 juta per bulan.

c. Beasiswa PPA dan BPP PPA Kemendikbud

Lembaga penyedia beasiswa berikutnya adalah Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) dan Bantuan Biaya Pendidikan Peningkatan Prestasi Akademik (BPP PPA) Kemendikbud. Beasiswa PPA dan BBP PPA merupakan beasiswa yang diselenggarakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI untuk mahasiswa perguruan tinggi.

Beasiswa PPA dan BBP PPA tak jauh berbeda dengan beasiswa BBM. Di mana beasiswa PPA lebih diprioritaskan untuk mahasiswa eksakta, seperti teknik atau kedokteran. Ada sekitar 400 kuota penerima beasiswa ini setiap tahunnya. Pencairan dana beasiswa bisa dilakukan dalam dua tahap, yakni : periode Januari – Juni dan Juli – Desember.

d. Beasiswa Plus Djarum

Lembaga penyedia beasiswa selanjutnya adalah Beasiswa plus dari Djarum Foundation yang bisa dilihat di http://djarumbeasiswaplus.org/. Beasiswa Plus Djarum Foundation ini adalah salah satu beasiswa prestasi dan penerima beasiswa ini biasa disebut beswan Djarum. Selain mendapatkan beasiswa selama satu tahun, beswan Djarum juga akan mendapatkan berbagai macam keterampilan pengembangan diri (soft skills); yang meliputi :

  • nationalism building,
  • character building,
  • leadership development,
  • competition challenges, dan
  • international exposure.

Para penerima beasiswa ini nantinya akan mendapatkan dana beasiswa Rp 750 ribu setiap bulannya selama satu tahun. Beberapa universitas atau perguruan tinggi yang bekerjasama dengan beasiswa ini antara lain yaitu :

  • UIN Sunan Kalijaga,
  • Universitas Atma Jaya,
  • Universitas Gadjah Mada,
  • Universitas Kristen Duta Wacana,
  • Universitas Negeri Yogyakarta,
  • UPN ‘Veteran’ Yogyakarta,
  • Universitas Sanata Dharma,
  • dll
e. Beasiswa PPE

Lembaga penyedia beasiswa berikutnya yaitu Beasiswa Peningkatan Prestasi Ekstrakurikuler (PPE). Beasiswa PPE ini diberikan pada mahasiswa yang berprestasi di bidang olahraga. Prestasi tersebut biasanya ditunjukan dalam bentuk sertifikat juara suatu perlombaan atau prestasi lainnya.

f. Beasiswa Supersemar

Beasiswa ini merupakan bantuan dana pendidikan yang diberikan oleh Yayasan Supersemar pada para pelajar dan mahasiswa. Lembaga penyedia beasiswa ini memberikan bantuan dana pendidikan untuk membantu meringankan beban dalam mengatasi biaya pendidikan formal. Nominal beasiswa yang dibuka antara bulan Februari-Maret ini adalah sebesar Rp 1,8 juta per tahun.

g. Beasiswa YTA

Lembaga penyedia beasiswa Yayasan Toyota dan Astra menyediakan beasiswa yang disebut Beasiswa YTA. Beasiswa ini untuk bantuan dana pendidikan, penelitian, dan pengembangan ilmu sains dan teknologi. Beasiswa ini diberikan terutama untuk mahasiswa bidang studi Teknik, Pertanian, MIPA, Perikanan dan Kehutanan.

h. Beasiswa Indonesia Cerdas (BIC)

Beasiswa BIC merupakan beasiswa regular yang diadakan oleh BRI. Lembaga penyedia beasiswa memberikan bantuan dana pendidikan yang ditujukan kepada mahasiswa Strata 1 dan Diploma 3 reguler berprestasi yang berasal dari keluarga kurang mampu. Para calon penerima beasiswa sekurang-kurangnya telah menyelesaikan kuliah selama 2 semester, memperoleh rekomendasi dari perguruan tinggi yang bersangkutan, dan berumur tidak lebih dari 23 tahun.

i. Beasiswa BCA Finance

Beasiswa BCA merupakan program bantuan dana pendidikan yang diberikan pada mahasiwa strata 1 dan minimal / sedang menyelesaikan semester 2. Syarat lain yang mesti dipenuhi yaitu :

  • IP minimal 3,00 untuk PTN dan 3,4 untuk PTS.
  • Tidak sedang menerima bantuan dari lembaga penyedia beasiswa yang lain.
  • Melakukan pendaftaran lewat aplikasi online (http://bcafinance.co.id).

Program bantuan dana pendidikan ini diberikan tiap semester hingga semester terakhir dengan nominal biaya sebesar Rp 3 juta per semesternya. Untuk mahasiswa penerima beasiswa yang sudah menyelesaikan masa studinya diberikan prioritas buat mengikuti seleksi penerimaan karyawan BCA.

j. Beasiswa Vivere

Beasiswa Vivere merupakan bentuk bantuan dana pendidikan yang disediakan oleh PT. Gema Graha Sarana Tbk. Vivere Group adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang interior dan furniture. Lembaga penyedia beasiswa ini memberikan bantuan kepada mahasiswa strata 1 pada jurusan tertentu, yang berprestasi namun mengalami kesulitan finansial.

Calon penerima beasiswa ini akan mendapatkan bantuan pendidikan sebesar Rp 800 ribu tiap bulan selama delapan semester dan bantuan biaya buku Rp 300 ribu per semester. Di antara universitas di Jogja yang telah melakukan kerjasama dengan Vivere Group antara lain Universitas Gadjah Mada dan Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

k. Beasiswa dari Universitas

Lembaga penyedia beasiswa lainnya yaitu dari universitas tempat mahasiswa tersebut kuliah. Banyak universitas yang menyediakan beasiswa, baik untuk mahasiswa baru ataupun bagi mahasiswa pada angkatan tertentu. Ada juga yang menawarkan beasiswa penuh sampai selesai. Untuk persyaratan, biasanya tiap universitas memiliki kriterianya masing-masing. Mulai dari pertimbangan prestasi akademik, non-akademik (prestasi olahraga, pramuka dan kegiatan ekstrakurikuler lainnya) hingga pertimbangan status ekonomi.

Sebelum Anda mendaftarkan diri di universitas yang dituju, ada baiknya cari tahu apa universitas tersebut menyediakan beasiswa. Anda bisa menanyakan langsung ke bagian informasi akademik di setiap kampus untuk mengetahui lebih jelas tentang beasiswa-beasiswa yang ditawarkan.

Di antara beasiswa yang telah disebutkan di atas terdapat beberapa lembaga penyedia beasiswa lain yang bisa Anda coba, antara lain;

  • beasiswa Khusus Mahasiswa (BKM),
  • beasiswa Program Peningkatan Akademik (PPA),
  • beasiswa Perusahaan Gas Negara (PGN),
  • beasiswa Medco,
  • beasiswa Bank Indonesia,
  • beasiswa Sampoerna,
  • beasiswa dari Gloria,
  • beasiswa dari Goodwill International,
  • beasiswa dari Yayasan Karya Salemba,
  • dan masih banyak lagi.

Sekian info seputar lembaga penyedia beasiswa pendidikan di Jogja, kami harap artikel kali ini berguna buat kalian. Kami berharap artikel instansi penyedia beasiswa ini diviralkan biar semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Referensi: Menjadi Mahasiswa Pebisnis yang Sukses

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Leave a Comment

Komunitas Terkenal di Jogja
Komunitas Terkenal di Jogja yang Cocok untuk Anda
Pekerjaan Favorit Mahasiswa
Pekerjaan Favorit Mahasiswa di Jogja
Daerah Tempat Tinggal Favorit
Daerah Tempat Tinggal Favorit di Jogja
Tempat Olahraga Favorit
Tempat Olahraga Favorit di Jogja dan Sekitarnya
Beasiswa Kampus di Jogja Kuliah di Jogja UGM Ujian Masuk
Kegiatan OSPEK
Kegiatan OSPEK untuk Kuliah Pertama Kali
Dunia Kampus
Mengenal Dunia Kampus yang Harus Diketahui
Lolos SBMPTN
Tips Lolos SBMPTN dengan Cara Smart

Alam

Hutan dan Gunung Pantai Wisata Air Wisata Alam Lainnya

Sejarah

Bangunan Bersejarah Candi Monumen Museum

Seni Budaya

Kebudayaan Kesenian Tradisi

Wisata Lain

Desa Wisata Minat Khusus Wisata Buatan Wisata Religi
Digital Marketing Peluang Bisnis Peluang Investasi
Investasi Properti Syariah yang Aman dan Menguntungkan
Investasi Properti Syariah yang Aman dan Menguntungkan
Peluang Bisnis Synergy Worldwide Mudah dan Menguntungkan
Jasa Digital Marketing
Jasa Digital Marketing Murah dan Profesional di Jogja
Penginapan Murah di Sekitar Jalan Parangtritis Jogja
Penginapan Murah di Sekitar Jalan Parangtritis Jogja
Guest House Mercury Prawirotaman
Guest House Mercury Prawirotaman Hotel Nuansa Jawa
Guest House Mas Gun
Guest House Mas Gun di Jalan Prawirotaman
Penginapan Murah di Jogja
Penginapan Murah di Jogja bagi Para Wisatawan