Manfaat Ikut Organisasi Kampus yang Perlu Mahasiswa Tahu

Topik kita kali ini ialah manfaat ikut organisasi kampus yang perlu mahasiswa tahu. Dunia perkuliahan tak dapat lepas dari dunia organisasi di kampus itu sendiri. Semua kampus pasti punya organisasi mahasiswa. Apakah itu organisasi :

  • himpunan mahasiswa jurusan,
  • peminat olahraga tertentu,
  • peminat kegiatan tertentu,
  • pembelajaran berpolitik seperti BEM,
  • dan lain sebagainya.

Organisasi Kampus

Dinamika Organisasi Mahasiswa

Organisasi mahasiswa intrakampus merupakan organisasi yang punya kedudukan resmi di lingkungan perguruan tinggi (PT). Selain itu organisasi kampus juga memperoleh pendanaan terkait kegiatan kemahasiswaan dari pengelola perguruan tinggi dan/atau Kementerian / Lembaga.

Bentuk organisasinya itu sendiri bisa berupa :

  • Ikatan Organisasi Mahasiswa Sejenis (IOMS),
  • Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM),
  • Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM),
  • dll.

Para aktivis organisasi kemahasiswaan merupakan kader organisasi kampus ataupun aktivis independen dari berbagai kelompok studi maupun kegiatan lainnya. Disinilah kita akan belajar yang namanya pemilihan umum (pemilu).

Seperti pemilu yang ada di negara kita Indonesia, di kampus pun ada pemilu yakni memilih pemimpin senat mahasiswa. Dan atmosfernya tak kalah panas dengan yang ada di pemilu negara Indonesia.

Telah banyak sekali mahasiswa maupun alumni yang memberi saran pada kita yang masih kuliah untuk aktif di organisasi. Manfaat yang akan diambil akan sangat banyak sekali.

Tapi, masih banyak pula mahasiswa yang takut untuk aktif di organisasi. Lebih spesifiknya yaitu takut kuliahnya menjadi berantakan. Mereka inginnya cepat lulus kuliah dengan nilai yang bagus.

Paradigma bahwa ikut organisasi kampus bisa mengganggu perkuliahan memang sudah lama menjadi semacam belenggu. Namun sebenarnya tak seperti itu. Jika kuliah berantakan gara-gara organisasi, itu yang salah bukan organisasinya namun orangnya. Tergantung pribadi masing-masing.

Misalnya, jika Anda punya manajemen waktu yang baik, pastinya bisa memprioritaskan mana yang saat itu lebih penting. Apakah Anda sedang ada :

  • tugas kuliah dengan deadline pengumpulannya dalam waktu yang dekat,
  • persiapan acara organisasi kampus yang waktunya juga lebih mendesak,
  • dll.

Dengan mengikuti organisasi mahasiswa, manfaat yang akan Anda dapatkan banyak sekali. Dan itu bagus untuk masa depan Anda. Dengan catatan, Anda harus ikut aktif di organisasi tersebut.

Bukan hanya sekedar Anda terdaftar namanya saja tapi jarang aktif mengikuti kegiatan yang diadakan organisasi tersebut. Kalau hanya nama Anda saja yang terdaftar, kesempatan untuk belajar soft skills yang nantinya berguna di dunia kerja akan hilang.

Manfaat Ikut Ogranisasi Kampus

Apa aja manfaatnya bisa ikut organisasi kampus dan aktif disitu? Berikut beberapa manfaat ikut organisasi kampus :

a. Melatih Leadership

Saat ikut organisasi, pastinya akan ada banyak hal yang mesti Anda urus. Seperti berbagai acara organisasi yang tentunya akan melibatkan banyak orang. Baik itu acara yang melibatkan :

  • sesama mahasiswa,
  • anggota organisasi,
  • orang-orang di luar organisasi,
  • dll.

Mahasiswa yang ikut organisasi kampus biasanya punya sikap dan karakter yang lebih aktif. Jika dibanding mahasiswa yang tak ikut berorganisasi. Mereka lebih banyak terlatih dalam :

  • mengutarakan pendapat (opini) di hadapan orang lain,
  • mengarahkan dan menggerakkan sesama anggota saat organisasi sedang ada suatu acara,
  • dll.

Bila sekarang belum terbayang seperti apa rasanya mengarahkan teman-teman Anda sendiri. Jika nantinya sudah berpartisipasi dalam organisasi, sadar atau tak sadar, Anda pasti akan terkejut. Di mana sesungguhnya Anda mampu untuk melakukannya. Di dunia kerja, keterampilan / skill leadership ini pasti sangat bermanfaat sekali.

Seringkali di berbagai lowongan kerja memasukkan kepemimpinan (leadership) sebagai salah satu kriterianya. Meskipun untuk posisi level staf yang sebenarnya tidak memiliki bawahan kriteria ini tetap berlaku.

Anda yang mengikuti organisasi mahasiswa dipandang lebih punya inisiatif. Selain itu juga Anda yang ikut organisasi bisa memotivasi serta mengarahkan diri sendiri dan rekan kerja. Atasan Anda pun akan lebih senang sebab tak harus mengarahkan terus-menerus.

b. Belajar Mengatur Waktu

Salah satu tantangan terbesar saat kita aktif di organisasi kampus yaitu masalah waktu, pembagian waktu. Saat aktif di sebuah organisasi, hal itu tak akan mengubah jadwal kuliah Anda.

Dalam artian, orang yang aktif di organisasi dengan yang tak aktif, punya jam kuliah yang sama saja. Dengan demikian, resikonya yaitu kuliah bisa keteteran jika Anda tak jago mengatur waktu. Disinilah seninya. Anda dapat berorganisasi sambil belajar mengatur waktu kuliah dan organisasi.

Mungkin pada awalnya, Anda akan kewalahan dalam membagi waktu antara kewajiban kuliah dan aktif dalam organisasi. Namun, lama-lama Anda akan semakin terbiasa. Kemudian, kebiasaan ini bisa terus terbawa sepanjang sisa hidup Anda.

Nantinya, sesudah bekerja di kantor, Anda akan lebih terlatih dalam mengelola berbagai tugas yang jumlahnya tidak sedikit. Selain itu juga dapat menetapkan prioritas tugas mana yang mesti terlebih dahulu dikerjakan.

c. Mengasah Kemampuan Sosial

Secara umum, orang yang aktif di organisasi kampus umumnya lebih aktif dan responsible dalam kegiatan-kegiatan sosial daripada yang tak berorganisasi. Di organisasi, Anda pun akan terlatih berinteraksi dengan berbagai tipe orang.

Tak cuma teman-teman satu jurusan, namun juga dengan teman-teman dari program studi yang lain, bahkan kampus lain. Tak jarang pula kita berinteraksi dengan berbagai instansi terkait ketika mengadakan acara dan mau menjalin kerjasama.

Hal ini, tentu saja akan makin memperluas pemahaman Anda akan berbagai karakteristik orang. Percayalah, makin luas pergaulan, maka pemahaman Anda akan manusia bisa semakin luas juga.

Ketika bekerja nanti, keterampilan ini akan sangat mendukung pekerjaan Anda. Anda akan lebih berpengalaman berinteraksi dengan berbagai macam karakter rekan kerja. Sehingga nantinya akan memudahkan produktivitas kerja Anda.

d. Problem Solving dan Manajemen Konflik

Berorganisasi di organisasi kampus pun tak akan dapat lepas dari yang namanya permasalahan. Banyak berinteraksi sama orang, dengan berbagai karakteristiknya, adalah satu hal yang wajar kalau ada konflik didalamnya.

Demikian pula di dalam dunia kerja, di mana banyak deadline yang mendesak, dan rekan kerja yang kurang bagus. Atau rekan kerja yang sukanya menyalahkan yang lainnya dan hal lainnya yang rentan menimbulkan konflik.

Jika sudah terbiasa menghadapi masalah dan konflik, Anda tak akan kaget lagi. Selain itu Anda sudah terbayang hal-hal yang sebaiknya dilakukan untuk menyelesaikan masalah.

e. Memperluas Jaringan atau Networking

Salah satu kelebihan kita berorganisasi saat masih kuliah adalah bisa menambah teman. Di dalam organisasi kampus akan banyak orang baru yang Anda kenal. Seperti :

  • teman-teman mahasiswa seangkatan,
  • para senior baik dalam organisasi maupun dalam angkatan mahasiswa,
  • mahasiswa dari berbagai jurusan lain di kampus,
  • praktisi di bidang organisasi atau jurusan yang Anda pilih.

Bahkan tak jarang Anda akan bertemu dengan para petinggi organisasi dari kampus lain. Mungkin disaat Anda masih kuliah, punya banyak teman dan jaringan kurang terasa manfaatnya.

Namun, jika sudah saatnya lulus kuliah dan berkarier, orang-orang yang Anda kenal waktu kuliah itulah yang seringkali bisa :

  • mendukung pekerjaan Anda,
  • membantu dalam mencari informasi pekerjaan yang pas buat Anda, dan
  • kalau berbisnis, teman-teman Anda bisa diajak bekerjasama.

Khususnya bagi fresh graduate, perusahaan besar umumnya lebih menyukai rekomendasi dari karyawan mereka daripada orang yang benar-benar baru. Siapa tahu Anda memiliki kenalan yang sudah bekerja di perusahaan besar dan mau bergabung dengannya disana.

Jadi lebih mudah Anda memperoleh pekerjaan. Tentu saja jika hal seperti ini pun harus diikuti skill Anda yang sepadan dengan keperluan perusahaan.

Berorganisasi itu banyak manfaatnya, bukan? Itulah mengapa banyak dosen, motivator, atau pengusaha yang menyarankan para mahasiswa untuk berorganisasi.

Itulah mengapa waktu interview kerja dengan calon karyawan, para pengusaha lebih mementingkan pengalaman berorganisasi. Seperti organisasi apa yang pernah diikuti, posisi apa di organisasi tersebut, daripada nilai IPK yang diperoleh di kampus.

Organisasi mahasiswa memiliki peranan yang sangat besar. Yaitu sebagai ajang simulasi atau latihan bagi mahasiswa sebelum masuk ke dunia kerja yang sesungguhnya. Bangku sekolah atau perkuliahan saat ini tak mengajari berbagai kemampuan yang tergolong soft skills tersebut.

Baca juga : Kehidupan Perkuliahan di Jogja

Demikian informasi perihal manfaat ikut organisasi kampus yang perlu mahasiswa tahu, semoga artikel ini membantu sahabat semua. Tolong post kuliah di Jogja ini dishare supaya semakin banyak yang mendapat manfaat.

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Leave a Comment

Akomodasi Investasi Jogjapreneur Kuliner Jogja Seputar Jogja Transportasi
Strategi Konten
Seberapa Penting Strategi Konten untuk Perkembangan Bisnis di Era Digital?
Kenapa Harus Investasi Properti
Kenapa Harus Investasi Properti di Jogja
Investasi Prioritas
Investasi Prioritas di Jogja

Alam

Hutan dan Gunung Pantai Wisata Air Wisata Alam Lainnya

Sejarah

Bangunan Bersejarah Candi Monumen Museum

Seni Budaya

Kebudayaan Kesenian Tradisi

Wisata Lain

Desa Wisata Wisata Belanja Wisata Buatan Wisata Religi
Tips Kegiatan Positif
Tips Kegiatan Positif di Luar Jam Kuliah
Cara Memulai Bisnis PPOB
Cara Memulai Bisnis PPOB yang Mudah dan Menguntungkan
Tips Hidup Hemat di Jogja
Tips Mencari Kosan Ideal
Tips Mencari Kosan Ideal di Jogja bagi Mahasiswa
Beasiswa Kampus di Jogja Kuliah di Jogja UGM Ujian Masuk
Program Kuliah Kerja Nyata
Program Kuliah Kerja Nyata Perguruan Tinggi
Organisasi Kampus
Manfaat Ikut Organisasi Kampus yang Perlu Mahasiswa Tahu
Perkuliahan di Jogja
Kehidupan Perkuliahan di Jogja