Memilih Tempat Tinggal yang Ideal di Jogja

Pembahasan kita sekarang yaitu Memilih Tempat Tinggal yang Ideal di Jogja. Semua orang juga pastinya mengharapkan tempat kost yang baik, aman, nyaman, bersih dan tenang. Agar Anda tinggal di dalamnya tetap bisa sehat. Namun, sebelum sibuk mencari tempat tinggal, lebih dulu harus dipastikan bahwa Anda sudah diterima menjadi mahasiswa di Jogja.

Memilih Tempat Tinggal

Cara Mencari Tempat Tinggal

Akan sangat percuma kalau sudah menyewa kost, tapi ternyata Anda belum diterima kuliahnya. Masih mending kalau belum diterima. Coba kalau ternyata Anda diterimanya di luar kota. Bukan di Jogja, kan jadi sia-sia kostnya? Berikut beberapa tipsnya

Tips Pertama

Pastikan dulu Anda sudah diterima menjadi mahasiswa. Baru setelah itu Anda bisa memilih tempat tinggal selama kuliah. Anda harus cari tempat kost yang strategis dan tidak terlalu jauh dengan kampus. Lokasi kostan atau tempat tinggal sangat penting, namun memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Contoh misalnya, kalau cari tempat kos yang dekat dengan kampus, Anda jadi ke kampus bisa jalan kaki dan hemat ongkos. Kalau Anda punya motor juga jadi irit BBM. Tapi harga kost yang dekat kampus biasanya lebih mahal dari yang agak jauhan dikit sama kampus.

Tapi kalau Anda memilih yang agak jauhan dikit dari kampus karena alasan lebih murah. Anda juga harus merenungkan biaya bensin yang diperlukan dalam sebulan. Yang begini tidak perlu diambil pusing, karena melatih kita untuk memilih. Strategis bukan cuma harus dekat kampus, tapi kalau di sekitar kos Anda itu ada  :

  • warung nasi,
  • mini market,
  • Foto copyan,
  • warnet (kalau belum punya Laptop),
  • ATM,
  • toko perabotan,
  • dan sebagainya.

Kalau punya teman atau kakak senior yang sudah tinggal di Jogja maka tanya-tanya saja. Kemudian minta bantuan dia untuk mencarikan tempat tinggal yang ekonomis dan nyaman (kalau bisa).

Tips kedua

Dalam memilih tempat tinggal pada awal tahun, carilah tempat tinggal yang bisa dibayar per bulan lebih dulu. Supaya kalau ditengah jalan ternyata tidak betah dengan tempat tinggalnya, Anda bisa cari tempat kos yang lain. Kalau ingin pindah kost tapi udah bayar setahun, padahal baru berjalan 2 bulan kan sayang.

Cara Mendapatkan Informasi

Bagaimana caranya dapat informasi kost mahasiswa? Berikut beberapa tips mendapatkan informasi untuk memilih tempat tinggal selama menjadi mahasiswa.

Pertama Anda bisa tanya kepada senior Anda yang sudah di Jogja sejak lama. Yang kedua, Anda bisa browsing di internet, terutama bertanya ke mbah google atau bertanya di twitter. Di twitter-kan ada kolom search, Anda tinggal ketik saja :

  • kost cowok / cewek jogja,
  • kost mahasiswa jogja,
  • kost bulanan jogja,
  • dll.

Nanti biasanya ada saja orang yang ngetwit jika dia buka kost untuk mahasiswa. Itu akan sangat membantu. Mungkin itu dulu tips umum mencari tempat tinggal di Jogja yang bisa dishare.

Cara Memilih Tempat Tinggal di Jogja

Berikut beberapa tips dalam memilih tempat tinggal yang bisa Anda lakukan

Faktor Keamanan

Selanjutnya berikut tips tambahan buat Anda para kaum hawa dalam memilih tempat tinggal selama kuliah. Tempat tinggal atau kost untuk cewek merupakan salah satu hal yang paling krusial. Hal ini karena Anda jauh dari orangtua. Anda tinggal di perantauan yang mayoritas orangnya belum dikenal. Dan Anda belum tahu apakah tempat tinggal yang akan dipilih itu aman untuk tinggal atau tidak.

Jangan sampai karena Anda salah memilih tempat tinggal, Anda jadi terjerumus pergaulan bebas. Kalaupun Anda merasa salah memilih, Anda bisa saja keluar dari tempat tinggal tersebut dan mencari yang baru. Dalam hal ini, untuk perempuan, keselamatan dan keamanan lebih penting daripada faktor uang.

Bila cewek mencari tempat tinggal biasanya ditemenin atau dipilihkan oleh keluarganya atau saudaranya yang sudah lama di Jogja. Supaya lebih safety. Namun, Anda tidak perlu khawatir, di Jogja sendiri banyak sekali kost khusus putri yang terkadang memiliki aturan yang ketat.

Misalnya, jam 9 malam semua anak kost putri harus sudah di kost. Tidak boleh mengajak masuk teman putra ke dalam kost. Tamu putra hanya boleh bertamu hingga pukul 9 malam. Meskipun terkesan banyak aturan, sesungguhnya itu pun untuk kebaikan Anda. Anda harus memilih tempat tinggal yang memiliki peraturan seperti itu.

Kalau Anda muslim, Anda bisa tinggal di pesantren. Pondok pesantren merupakan salah satu tempat dan lingkungan terbaik untuk belajar dan tinggal, khususnya di Jogja. Ada banyak pondok pesantren khusus mahasiswa di Jogja, seperti :

  • Pesantren Krapyak,
  • Pesantren Wahid Hasyim,
  • Pesantren Luqmaniyah,
  • dan lain sebagainya.

Kalau tidak ingin tinggal di pesantren, bisa tinggal di asrama mahasiswa atau asrama kampus. Biasanya setiap kampus memiliki asrama khusus untuk mahasiswanya.

Faktor Humanity

Kemudian, selain faktor keamanan dalam memilih tempat tinggal, faktor humanity juga penting. Ibu kostnya ramah atau judes, itu seringkali menjadi penentu betah tidaknya seorang cewek. Sebelum memutuskan untuk tinggal di kost A, sangat disarankan untuk ngobrol-ngobrol dulu dengan pemilik kostnya. Dari situ, Anda jadi tahu kalau pemilik kost-nya itu enak diajak ngobrol atau cenderung semaunya sendiri.

Setelah itu, Anda bisa nanya-nanya tentang mahasiswa yang tinggal di calon kost yang mau ditempati. Biasanya, jika ibu kost-nya ramah dan baik hati, anak kost-nya pun pada betah dan pasti suasana kost-nya asyik banget.

Faktor Kenyamanan

Satu hal yang ingin kami sampaikan disini. Okelah kita dapat memilih tempat tinggal berdasarkan murah tidaknya tempat tinggal tersebut. Tapi, perhatikan juga ini : kenyamanan Anda. Kost-nya murah namun tak nyaman untuk belajar, terus buat apa? Mending cari yang sedikit lebih mahal yang penting nyaman untuk tinggal, istirahat, dan belajar. Kalaupun dengan mahalnya harga kost, tapi itu sangat membantu produktivitas Anda dalam kuliah dan berkarya, kenapa tidak?

Tips Mencari Kos-Kosan Ideal

Berikut ada 9 tips untuk mencari dan memilih tempat tinggal yang ideal. Silahkan dipraktekan. Tapi, mulai semester dua, pihak kampus biasanya hanya merekomendasikan mahasiswa untuk mengambil mata kuliah yang harus diambil.

Namun, hak sepenuhnya berada di tangan mahasiswa itu sendiri. Mereka memiliki hak untuk mengambil beberapa mata kuliah, yang biasa kita sebut sebagai SKS. Tapi, kalau semakin sedikit mata kuliah yang kita ambil, resiko lulusnya lama akan semakin besar. Disitulah kita dilatih untuk memilih dan mandiri. Satu hal lagi yang membedakan dunia kampus dengan dunia sekolah yaitu mengenai tugas akhirnya.

a. Mencari kost secara door-to-door atau lewat agen

Meski terkesan konvensional, banyak keuntungan yang bisa didapat dengan mencari dan memilih tempat tinggal secara door-to-door. Di antaranya Anda bisa mendapatkan kamar langsung dari tangan pertama a.k.a. tanpa broker. Di sisi lain, banyak pula penyedia kost tak memasang iklan atau memajang informasi di depan rumahnya.

Untuk cara yang satu ini tentunya agak sedikit susah. Sebab Anda harus lebih dulu berkeliling dan menanyakan satu persatu. Tanyakan pada teman-teman, warga sekitar atau senior Anda di kampus. Cara lain yang lebih singkat yaitu dengan memakai biro jasa info kost baik yang online ataupun offline.

b. Pilih tempat kos yang tak terlalu jauh dari kampus

Tapi, jangan terlalu terpaku dengan kost-kost yang hanya dekat dengan area kampus saja. Sebab untuk kost di dekat area kampus biasanya sudah fully booked sejak awal. Ada baiknya juga melakukan survey ke tempat yang agak jauh dengan lokasi kampus. Meskipun kelemahannya lokasi tempat tinggal Anda jadi agak jauh dari kampus.

c. Mencari kost yang rapi dengan peraturan

Biasanya kost-kostan yang punya peraturan memiliki kondisi rapi dan nyaman, seperti kost untuk perempuan. Maka akan lebih baik jika kost memberikan peraturan pria tak boleh masuk dan diadakannya jam malam. Perhatikan peraturan yang biasanya tertempel di tempat kost. Jadi sebelum memutuskan untuk mengambil dan memilih tempat tinggal yang kita inginkan, pastikan peraturan-peraturan yang ada sudah kita cerna dengan baik.

d. Ketenangan lingkungan tempat kost perlu diperhatikan

Pilih kost yang kamarnya tidak begitu banyak. Tempat kost yang punya kamar banyak biasanya kondisinya kurang tenang.

e. Mencari kost yang mempekerjakan orang untuk bersih-bersih

Ini penting supaya tempat tinggal Anda selalu bersih dan rapi. Karena sudah ada yang membantu pekerjaan bersih-bersih.

f. Perhatikan pemakaian daya listrik di tempat kost

Karena masing-masing kost menerapkan kebijakan berbeda berkenaan dengan pemakaian listrik, apakah harga kost sudah termasuk pemakaian listrik atau belum termasuk.

g. Adanya jam malam

Untuk tempat tinggal putri, alangkah lebih baiknya pilih kost yang menggunakan jam malam. Tempat kost putri yang memakai jam malam biasanya punya suasana tertib dan nyaman.

h. Fasilitas kost

Memperhatikan kualitas air di tempat kost juga penting. Jika tak sempat Anda perhatikan ada kemungkinan akan didapati air berwarna kuning dan mendadak hitam. Sebab musim hujan, atau kehabisan air karena sumur kering.

i. Keamanan

Pastikan tempat kost terjaga keamanannya, jarang atau tak ada reputasi kehilangan barang pada masa-masa sebelumnya.

Demikian info tentang Memilih Tempat Tinggal yang Ideal di Jogja, kami harap postingan ini membantu kalian. Tolong postingan memilih kos-kosan ideal ini diviralkan agar semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Referensi:

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Leave a Comment

Komunitas Terkenal di Jogja
Komunitas Terkenal di Jogja yang Cocok untuk Anda
Pekerjaan Favorit Mahasiswa
Pekerjaan Favorit Mahasiswa di Jogja
Daerah Tempat Tinggal Favorit
Daerah Tempat Tinggal Favorit di Jogja
Tempat Olahraga Favorit
Tempat Olahraga Favorit di Jogja dan Sekitarnya
Beasiswa Kampus di Jogja Kuliah di Jogja UGM Ujian Masuk
Kegiatan OSPEK
Kegiatan OSPEK untuk Kuliah Pertama Kali
Dunia Kampus
Mengenal Dunia Kampus yang Harus Diketahui
Lolos SBMPTN
Tips Lolos SBMPTN dengan Cara Smart

Alam

Hutan dan Gunung Pantai Wisata Air Wisata Alam Lainnya

Sejarah

Bangunan Bersejarah Candi Monumen Museum

Seni Budaya

Kebudayaan Kesenian Tradisi

Wisata Lain

Desa Wisata Minat Khusus Wisata Buatan Wisata Religi
Digital Marketing Peluang Bisnis Peluang Investasi
Investasi Properti Syariah yang Aman dan Menguntungkan
Investasi Properti Syariah yang Aman dan Menguntungkan
Peluang Bisnis Synergy Worldwide Mudah dan Menguntungkan
Jasa Digital Marketing
Jasa Digital Marketing Murah dan Profesional di Jogja
Penginapan Murah di Sekitar Jalan Parangtritis Jogja
Penginapan Murah di Sekitar Jalan Parangtritis Jogja
Guest House Mercury Prawirotaman
Guest House Mercury Prawirotaman Hotel Nuansa Jawa
Guest House Mas Gun
Guest House Mas Gun di Jalan Prawirotaman
Penginapan Murah di Jogja
Penginapan Murah di Jogja bagi Para Wisatawan