Memilih Tempat Tinggal yang Ideal di Jogja bagi Mahasiswa

Apakah Anda (khususnya mahasiswa) sedang memilih tempat untuk Anda tinggali selama di Jogja? Bila iya, Anda bisa memilih tempat tinggal yang ideal di Jogja dengan mengikuti cara-cara berikut. Jadi simak artikel ini hingga selesai.

Memilih Tempat Tinggal

Cara Memilih Tempat Tinggal

Berikut beberapa tips dalam memilih tempat tinggal yang bisa Anda lakukan :

Faktor Keamanan

Selanjutnya berikut tips tambahan buat Anda para kaum hawa dalam memilih tempat untuk Anda tinggali selama kuliah. Tempat tinggal atau kost untuk cewek merupakan salah satu hal yang paling krusial.

Hal ini karena Anda jauh dari orangtua. Anda tinggal di perantauan yang mayoritas orangnya belum dikenal. Dan Anda belum tahu apakah tempat tinggal yang akan dipilih itu aman untuk tinggal atau tidak.

Jangan sampai karena Anda salah memilih tempat tinggal, Anda jadi terjerumus pergaulan bebas. Kalaupun Anda merasa salah memilih, Anda bisa saja keluar dari tempat tinggal tersebut dan mencari yang baru. Dalam hal ini, untuk perempuan, keselamatan dan keamanan lebih penting daripada faktor uang.

Bila cewek mencari tempat tinggal biasanya ditemenin atau dipilihkan oleh keluarganya atau saudaranya yang sudah lama di Jogja. Supaya lebih safety. Namun, Anda tidak perlu khawatir, di Jogja sendiri banyak sekali kost khusus putri yang terkadang memiliki aturan yang ketat.

Misalnya, jam 9 malam semua anak kost putri harus sudah di kost. Tidak boleh mengajak masuk teman putra ke dalam kost. Tamu putra hanya boleh bertamu hingga pukul 9 malam. Meskipun terkesan banyak aturan, sesungguhnya itu pun untuk kebaikan Anda. Anda harus memilih tempat tinggal yang memiliki peraturan seperti itu.

Kalau Anda muslim, Anda bisa tinggal di pesantren. Pondok pesantren merupakan salah satu tempat dan lingkungan terbaik untuk belajar dan tinggal, khususnya di Jogja. Ada banyak pondok pesantren khusus mahasiswa di Jogja, seperti :

  • Pesantren Krapyak,
  • Pesantren Wahid Hasyim,
  • Pesantren Luqmaniyah,
  • dan lain sebagainya.

Kalau tidak ingin tinggal di pesantren, bisa tinggal di asrama mahasiswa atau asrama kampus. Biasanya setiap kampus memiliki asrama khusus untuk mahasiswanya.

Faktor Humanity Tempat Tinggal

Kemudian, selain faktor keamanan dalam memilih tempat tinggal, faktor humanity juga penting. Ibu kostnya ramah atau judes, itu seringkali menjadi penentu betah tidaknya seorang cewek.

Sebelum memutuskan untuk tinggal di kost A, sangat disarankan untuk ngobrol-ngobrol dulu dengan pemilik kostnya. Dari situ, Anda jadi tahu kalau pemilik kost-nya itu enak diajak ngobrol atau cenderung semaunya sendiri.

Setelah itu, Anda bisa nanya-nanya tentang mahasiswa yang tinggal di calon kost yang mau ditempati. Biasanya, jika ibu kost-nya ramah dan baik hati, anak kost-nya pun pada betah dan pasti suasana kost-nya asyik banget.

Faktor Kenyamanan

Satu hal yang ingin kami sampaikan disini. Okelah Anda dapat memilih tempat untuk Anda tinggal berdasarkan murah tidaknya tempat tinggal tersebut. Tapi, perhatikan juga ini : kenyamanan Anda.

Kost-nya murah namun tak nyaman untuk belajar, terus buat apa? Mending cari yang sedikit lebih mahal yang penting nyaman untuk tinggal, istirahat, dan belajar. Kalaupun dengan mahalnya harga kost, tapi itu sangat membantu produktivitas Anda dalam kuliah dan berkarya, kenapa tidak?

Baca juga : Cara Mencari Tempat Tinggal di Jogja untuk Mahasiswa

Demikian info tentang Memilih Tempat Tinggal yang Ideal di Jogja, kami harap postingan ini membantu kalian. Tolong postingan memilih kos-kosan ideal ini diviralkan agar semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Referensi: Daerah Istimewa Yogyakarta

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Leave a Comment

Akomodasi Investasi Jogjapreneur Kuliner Jogja Seputar Jogja Transportasi
Strategi Konten
Seberapa Penting Strategi Konten untuk Perkembangan Bisnis di Era Digital?
Kenapa Harus Investasi Properti
Kenapa Harus Investasi Properti di Jogja
Investasi Prioritas
Investasi Prioritas di Jogja

Alam

Hutan dan Gunung Pantai Wisata Air Wisata Alam Lainnya

Sejarah

Bangunan Bersejarah Candi Monumen Museum

Seni Budaya

Kebudayaan Kesenian Tradisi

Wisata Lain

Desa Wisata Wisata Belanja Wisata Buatan Wisata Religi
Tips Kegiatan Positif
Tips Kegiatan Positif di Luar Jam Kuliah
Cara Memulai Bisnis PPOB
Cara Memulai Bisnis PPOB yang Mudah dan Menguntungkan
Tips Hidup Hemat di Jogja
Tips Mencari Kosan Ideal
Tips Mencari Kosan Ideal di Jogja bagi Mahasiswa
Beasiswa Kampus di Jogja Kuliah di Jogja UGM Ujian Masuk
Program Kuliah Kerja Nyata
Program Kuliah Kerja Nyata Perguruan Tinggi
Organisasi Kampus
Manfaat Ikut Organisasi Kampus yang Perlu Mahasiswa Tahu
Perkuliahan di Jogja
Kehidupan Perkuliahan di Jogja