Menikmati Panorama Candi Ijo Yogyakarta yang Mempesona

Sekarang kami akan jelaskan mengenai menikmati panorama Candi Ijo Yogyakarta yang mempesona. Candi Ijo adalah sebuah kompleks percandian bercorak Hindu, dan termasuk candi yang letaknya paling tinggi di Yogyakarta. Di mana letak dari candi ini adalah di ketinggian 425 meter dpl. Candi ini kira-kira berada 4 km arah tenggara dari Candi Ratu Boko atau sekitar 18 km sebelah timur kota Yogyakarta. Candi ini dibangun kira-kira antara abad ke-10 hingga abad ke-11 Masehi. Atau pada saat zaman Kerajaan Medang periode Mataram.

Menikmati Panorama Candi Ijo

Menikmati Panorama Candi Ijo Yogyakarta

Candi Ijo letaknya berada di Dukuh Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Candi ini terletak di lereng sebelah barat sebuah bukit yang masih bagian dari perbukitan Batur Agung. Candi ini diebut “Ijo” karena berada di atas bukit yang dinamakan Gumuk Ijo. Nama candi ini juga disebut di dalam prasasti Poh yang berangka tahun 906 Masehi. Yaitu dalam penggalan kata “… anak wanua i wuang hijo …” (anak desa, orang Ijo). Prasasti ini berbahasa Jawa Kuna.

Panorama Candi Ijo tidak hanya dilihat dari satu candi tetapi beberapa candi atau kompleks candi. Kompleks percandian ini terdiri dari 17 struktur bangunan dan terbagi ke dalam 11 teras. Teras tersebut berundak di bagian terbawah di sisi barat dan bagian tertinggi berada pada sisi timur (kompleks percandian utama). Di bagian tertinggi terdapat sebuah candi utama (induk) dan tiga candi pewara (pengiring) yang merupakan wilayah paling sakral. Ketiga candi pewara merupakan tempat untuk memuja Trimurti : Brahma, Wisnu dan Siwa.

Keindahan dan Keunikan Candi

Pengunjung dapat menikmati keindahan dan keunikan serta panorama Candi Ijo. Pengunjung dapat menyaksikan Lingga-Yoni yang terdapat di tengah ruangan candi yang disangga oleh figur ular sendok. Makhluk yang berasal dari mitos Hindu tersebut melambangkan penyangga bumi. Penyatuan lingga dan yoni melambangkan kesatuan antara Siwa dan istrinya, Parwati.

Selain menyaksikan Lingga-Yoni, pengunjung juga dapat melihat beberapa arca dan relief yang terdapat di Candi Ijo. Arca-arca di candi ini antara lain arca nandi (lembu) yang dalam mitologi Hindu dianggap sebagai kendaraan Dewa Siwa, Arca Agastya, Arca Ganesha dan Arca Durga.

Bangunan Induk Candi

Panorama Candi Ijo yang menjadi keunikan lain terlihat dari candi induk atau candi utama. Dimana bangunan candi induk berdiri di atas kaki candi dengan denah dasar persegi empat. Pintu masuk ke ruang dalam tubuh candi ini terletak di pertengahan dinding sisi barat. Dan diapit oleh 2 buah jendela palsu yaitu relung gawang jendela tapi tak tembus berlubang pada ruangan di dalam.

Relung Candi

Pada dinding sisi-sisi candi (utara, timur, dan selatan) masing-masing terdapat 3 relung yang dihiasi oleh ukiran kala makara. Relung yang tengah lebih tinggi dari 2 relung yang mengapitnya. Untuk mencapai pintu yang letaknya sekitar 120 cm dari permukaan tanah dibikin tangga yang dilengkapi dengan pipi tangga. Pipi tangga ini berbentuk sepasang makara yaitu makhluk mitos bertubuh ikan dan berbelalai seperti gajah). Kepala makara menjulur ke bawah dengan mulut menganga.

Ambang Pintu Candi

Panorama Candi Ijo lain yaitu di atas ambang pintu ada hiasan kepala Kala bersusun. Pada bagian pintu masuk ada ukiran kala makara yakni berupa mulut raksasa kala yang tersambung makara. Pola kala – makara ini biasa ditemukan dalam ragam hias pada candi-candi. Sebagaimana yang ada di berbagai candi lain di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Kedua kepala Kala di Candi Ijo tersebut tidak dilengkapi dengan rahang bawah. Di atas ambang kedua jendela palsu tersebut pun dihiasi dengan pahatan kepala Kala bersusun.

Mulut Candi

Di dalam mulut makara tersebut di masing-masingya terdapat relief burung bayan kecil. Jendela-jendela palsu ada di bagian luar dinding candi (utara, timur dan selatan) yakni 3 buah pada masing-masing sisi. Ambang jendela pun dibingkai dengan hiasan sepasang makara dan kepala kala. Seperti halnya yang terdapat di jendela palsu yang mengapit pintu.

Ruangan Candi Induk

Dalam tubuh candi induk ini terdapat sebuah ruangan. Di tengah dinding bagian dalam sisi candi (utara, timur dan selatan) masing-masing ada sebuah relung. Di setiap relung diapit oleh pahatan pada dinding. Di mana pahatan ini menggambarkan sepasang apsara yang terkesan terbang menuju ke arah relung tersebut.

Atap dan Dinding Candi

Panorama Candi Ijo selanjutnya yaitu atap candi bertingkat-tingkat tiga undakan. Atap ini terbentuk dari susunan segi empat yang makin ke atas semakin mengecil. Di setiap sisi ada deretan 3 ratna di masing-masing tingkat. Sebuah ratna yang berukuran lebih besar ada di puncak atap.

Sepanjang batas antara atap dan dinding tubuh candi dihiasi dengan deretan pahatan berpola berselang-seling. Selang-seling pola antara sulur-suluran dan gana (makhluk kerdil). Sepanjang tepi atap candi dihiasi dengan deretan antefiks dengan bingkai sulur-suluran. Di masing-masing bingkai tersebut terdapat arca setengah badan. Di mana arca ini menggambarkan dewa dalam berbagai posisi tangan.

Tiket Masuk Candi

Untuk saat ini, pengunjung yang datang untuk menikmati panorama Candi Ijo tak dipungut biaya, namun cukup mengisi daftar buku tamu. Namun ada rencana dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman akan segera menarik retribusi bagi pengunjung. Bagi pengunjung yang memerlukan data atau sejarah mengenai Candi Ijo dapat mendatangi Pos Jaga Candi Ijo.

Sekian info seputar menikmati panorama Candi Ijo Yogyakarta yang mempesona, kami harap post kali ini berguna untuk kawan-kawan semua. Kami berharap post candi ini disebarluaskan biar semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Referensi: Pebisnis Jogja yang Sukses

Leave a Comment

Selamat Datang di Kota Sejarah Jogjakarta
Selamat Datang di Kota Sejarah Yogyakarta Istimewa
Kampus Negeri di Jogja Kampus Swasta di Jogja Kuliah di Jogja Ujian Masuk
Memilih Kampus Idaman
Cara Memilih Kampus Idaman di Jogja
Universitas Gadjah Mada Yogyakarta
Universitas Gajah Mada Yogyakarta Salah 1 Kampus Terbaik
Perguruan Tinggi Negeri yang Ada di Yogyakarta
Perguruan Tinggi Negeri di Yogyakarta Terbaik

Alam

Hutan dan Gunung Pantai Wisata Air Wisata Alam Lainnya

Sejarah

Bangunan Bersejarah Candi Monumen Museum

Seni Budaya

Kebudayaan Kesenian Tradisi

Wisata Lain

Desa Wisata Minat Khusus Wisata Buatan Wisata Religi
Bisnis Investasi Digital Marketing
Investasi Properti Syariah yang Aman dan Menguntungkan
Investasi Properti Syariah yang Aman dan Menguntungkan
Peluang Bisnis Synergy Worldwide Mudah dan Menguntungkan
Jasa Digital Marketing
Jasa Digital Marketing Murah dan Profesional di Jogja
Penginapan Murah di Sekitar Jalan Parangtritis Jogja
Penginapan Murah di Sekitar Jalan Parangtritis Jogja
Guest House Mercury Prawirotaman
Guest House Mercury Prawirotaman Hotel Nuansa Jawa
Guest House Mas Gun
Guest House Mas Gun di Jalan Prawirotaman
Penginapan Murah di Jogja
Penginapan Murah di Jogja bagi Para Wisatawan