Museum Purbakala Pleret Bukti Keberadaan Keraton di Bantul

Sekarang kami akan bahas berkaitan dengan Museum Purbakala Pleret Bukti Keberadaan Keraton di Bantul. Museum Sejarah Purbakala ini berada di Dusun Kedaton, Desa Pleret, Kec. Pleret, Kab. Bantul. Museum ini menyimpan benda-­benda terkait dengan berbagai peristiwa sejarah yang pernah ada di Pleret. Kawasan ini menjadi salah satu bagian kisah akan bukti adanya Keraton Kerto dan Keraton Pleret di Kabupaten Bantul.

Museum Purbakala Pleret Bukti Keberadaan Keraton di Bantul

Museum Purbakala Pleret Bukti Keberadaan Keraton di Bantul

Terdapat banyak penemuan yang berkaitan dengan keberadaan Keraton Pleret dengan adanya berbagai macam batuan dan sisa-sisa bangunan keraton di sekitar tempat didirikannya museum. Keraton tersebut meninggalkan bukti keberadaanya berupa :

  • umpak yaitu batuan andesit yang digunakan sebagai landasan tiang;
  • berbagai jenis area bercorak Hindu;
  • antefik;
  • beragam benda logam dalam bentuk koin Cina,
  • peralatan rumah tangga seperti entong yang diperkirakan telah berusia ratusan tahun.

Benda-benda tersebut sempat terpendam yang saat ini menjadi bagian dari koleksi Museum Sejarah Purbakala Pleret.

Museum Purbakala Pleret ini didirikan pada tahun 2004 di atas tanah kas desa Pleret seluas 2.500 meter persegi. Di mana tanah tersebut sejak awal dikelola oleh Dinas Kebudayaan Provinsi. Saat terjadi gempa pada tahun 2006, bangunan ini mengalami kerusakan parah sehingga dilakukan renovasi dengan tiga tahap dan mulai dibuka untuk umum pada tanggal 10 Maret 2014.

Keberadaan ruang sejarah ini memiliki tujuan untuk melestarikan benda-benda cagar, khususnya situs Sumur Gumuling, Masjid Kauman, situs Kedaton, Kerto dan Keputren. Sehingga selain menyimpan, museum ini memiliki kekuatan untuk merawat cagar budaya dari barang-barang yang ada.

Terdapat bangunan utama yang menyimpan benda bersejarah dengan kurang lebih 70 cagar budaya. Mulai dari area, stupa, dan sebagainya yang didatangkan dari sekitar daerah Pleret, candi Gampingan dan situs Payak. Selain itu, di Museum Purbakala Pleret juga terdapat benda-benda cagar budaya seperti

  • peta prakiraan lokasi keraton Mataram Pleret,
  • silsilah raja-raja Mataram, serta
  • kisah dari benda-benda yang dipajang di tempat ini.
Masjid Agung Kauman Pleret

Situs Masjid Agung Kauman Pleret merupakan salah satu bagian dari sejarah Islam yang mendukung eksistensi Kerajaan Mataram Islam di Pleret. Bangunan ini terletak kurang lebih 500 meter di sebelah utara Museum. Tak jauh dari bangunan ini, terdapat pohon randu alas raksasa yang diyakini telah berusia ratusan tahun. Dalam kaitannya peninggalan dari pengaruh agama Budha, terdapat Archa Jambhala yang merupakan personifikasi dewa kekayaan / kemakmuran.

Sedangkan dari kepercayaan Hindu tergambar dari adanya Archa Ganesha sebagai wujud dari kebijaksanaan dan Ilmu Pengetahuan dalam agama Hindu. Selain dua area yang telah disebutkan, ada juga area Chandralokeswara, arca Dura Museum Pleret Mahisasura Mardini, arca Agastya, serta patung Ganesha yang berasal dari Karanggede, Sewon, Bantul.

Di luar Museum Purbakala Pleret, terdapat empat pendopo dimana salah satu pendopo menaungi sebuah sumur yang dikenal dengan nama Sumur Gumuling. Sumur tersebut merupakan salah satu sumber mata air di wilayah Keraton Pleret yang terletak di halaman sisi utara Museum Sejarah Purbakala Pleret. Bangunan ini memiliki keunikan yang konon tak pernah mengalami kekeringan, walaupun musim kemarau melanda.

Keberadaannya menjadi bukti akan adanya peradaban sebagai penanda berdirinya Keraton Pleret. Selain itu, dipercaya bahwa sumur tersebut memiliki saluran hingga tembus ke laut selatan. Pada waktu tertentu, air darinya digunakan untuk jamasan pusaka Keraton.

Lokasi Museum Pleret

Untuk mengunjungi tempat bersejarah dengan keberagaman kepercayaan yang dapat menyatu kala itu, pengunjung hanya dapat menjangkaunya menggunakan kendaraan pribadi. Sebab belum terdapat armada transportasi umum yang dapat menjangkau tempat ini. Rute perjalanan ditempuh dari Terminal Bus Giwangan Yogyakarta, menuju ke arah selatan menyusuri Jl. Imogiri Timur.

Setelah melewati perjalanan dengan jarak kurang lebih tiga meter, maka akan sampai di perempatan Wonokromo atau lampu merah Jejeran. Dari sini kemudian berbelok menuju ke timur (kiri) memasuki Jl. Pleret. Kira-kira 1,5 kilometer dari tempat tadi, pengunjung telah sampai di lokasi Museum Purbakala Pleret ada di sebelah selatan (kanan). Museum ini berdampingan dengan pemukiman penduduk dengan suasana pedesaan yang masih sangat asri.

Demikian info mengenai Museum Purbakala Pleret Bukti Keberadaan Keraton di Bantul, semoga post kali ini berguna untuk sahabat semua. Tolong post museum ini disebarluaskan supaya semakin banyak yang mendapat manfaat.

Referensi:

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Leave a Comment

Komunitas Terkenal di Jogja
Komunitas Terkenal di Jogja yang Cocok untuk Anda
Pekerjaan Favorit Mahasiswa
Pekerjaan Favorit Mahasiswa di Jogja
Daerah Tempat Tinggal Favorit
Daerah Tempat Tinggal Favorit di Jogja
Tempat Olahraga Favorit
Tempat Olahraga Favorit di Jogja dan Sekitarnya
Beasiswa Kampus di Jogja Kuliah di Jogja UGM Ujian Masuk
Kegiatan OSPEK
Kegiatan OSPEK untuk Kuliah Pertama Kali
Dunia Kampus
Mengenal Dunia Kampus yang Harus Diketahui
Lolos SBMPTN
Tips Lolos SBMPTN dengan Cara Smart

Alam

Hutan dan Gunung Pantai Wisata Air Wisata Alam Lainnya

Sejarah

Bangunan Bersejarah Candi Monumen Museum

Seni Budaya

Kebudayaan Kesenian Tradisi

Wisata Lain

Desa Wisata Minat Khusus Wisata Buatan Wisata Religi
Digital Marketing Peluang Bisnis Peluang Investasi
Investasi Properti Syariah yang Aman dan Menguntungkan
Investasi Properti Syariah yang Aman dan Menguntungkan
Peluang Bisnis Synergy Worldwide Mudah dan Menguntungkan
Jasa Digital Marketing
Jasa Digital Marketing Murah dan Profesional di Jogja
Penginapan Murah di Sekitar Jalan Parangtritis Jogja
Penginapan Murah di Sekitar Jalan Parangtritis Jogja
Guest House Mercury Prawirotaman
Guest House Mercury Prawirotaman Hotel Nuansa Jawa
Guest House Mas Gun
Guest House Mas Gun di Jalan Prawirotaman
Penginapan Murah di Jogja
Penginapan Murah di Jogja bagi Para Wisatawan