Pekerjaan Favorit Mahasiswa di Jogja

Sekarang, mari kita berbicara tentang apa saja pekerjaan favorit mahasiswa Jogja. Pekerjaan ini juga termasuk bisnis yang cocok dikerjakan mahasiswa di Jogja. Tapi, sebelum berbicara lebih jauh, kita mesti tahu dulu mengapa mahasiswa memiliki keinginan untuk kerja atau bisnis sambil kuliah?

Pekerjaan Favorit Mahasiswa

9 Pekerjaan Favorit Mahasiswa di Jogja

Alasan utamanya biasanya adalah untuk menambah pemasukan. Alasan lainnya yaitu mau mengisi aktivitas di waktu luang, sambil menambah wawasan dan pengalaman. Terutama untuk mahasiswa tingkat akhir yang jadwal kuliahnya tak begitu padat.

Namun, kendala yang biasanya dihadapi saat kerja sambil kuliah adalah persoalan waktu. Dari pagi hingga sore untuk kuliah, jika malam untuk istirahat atau main bersama teman. Mungkin untuk mahasiswa baru, tak harus terburu-buru mencari kerja ketika baru masuk kuliah. Jika sudah dapat beradaptasi dengan kuliah, baru bisa mencari lowongan kerja atau membuka usaha. Kecuali kalau Anda sudah mulai usaha sejak masih SMA, sudah terbiasa mengatur waktu.

Menurut survey terhadap mahasiswa-mahasiswa di jogja, banyak juga yang kuliah sambil kerja. Berikut kami sajikan beberapa pekerjaan favorit mahasiswa Jogja :

a. Jadi Waitress di café / restorant

Biasanya tempat makan atau café di jogja buka mulai sore hingga malam. Dan mahasiswa kalau kuliah pagi sampai sore. Cocoklah waktunya. Maka tidak heran, menjadi waitress di café atau tempat makan, adalah salah satu pekerjaan favorit mahasiswa. Dan juga jadi profesi yang menjanjikan di jogja buat mahasiswa.

Apa saja manfaatnya? Selain menambah pemasukan yang sekitar 400 ribu sampai 1,5 juta, Anda juga bisa dapat pengalaman yang tak terlupakan. Ditambah lagi, di beberapa café memberikan makan gratis bagi karyawannya, lumayan bisa untuk berhemat.

b. Menjadi Tutor

Ini adalah salah satu pekerjaan favorit mahasiswa, terutama cewek, menjadi pengajar. Apakah itu bermain gitar, mengajar yoga atau karate, renang, les dalam bahasa Inggris, Perancis, matematika atau biologi-hal apa saja yang

c. Menulis

Suka menulis? Manfaatkan hobi Anda dengan menjadi penulis lepas. Dengan menjadi penulis lepas, Anda dapat mengatur jam kerja sendiri. Ada banyak sekali majalah dan website yang akan membayar kalau tulisan Anda bagus. Atau kalau tidak, Anda bisa secara independen menulis novel sendiri kemudian diterbitkan. Ada lagi, dunia yang serba digital seperti sekarang, banyak sekali toko online atau website professional yang membutuhkan content writer.

d. Marketing Perusahaan

Buat Anda yang ingin punya bisnis selepas kuliah, atau saat kuliah, pekerjaan ini sangat cocok. Apalagi Anda lakukan saat kuliah, maka mental marketing akan terasah. Saat ini, di Jogja banyak sekali pengusaha yang menciptakan produk baru. Karena Jogja memang terkenal dengan ekonomi kreatifnya. Ajukan diri Anda sebagai marketing officer di perusahaan itu dan belajarlah memasarkan produknya. Selain waktu kerja yang fleksibel, Anda bisa menambah jaringan juga.

e. Staff Admin Social Media

Ini cocok sekali untuk Anda yang cerewet di social media. Tak semua pengusaha suka berkoar-koar di social media (sosmed) seperti twitter, facebook, dll. Sebab seringkali mereka lebih tertarik untuk memikirkan inovasi produk dan juga cara memasarkan produknya daripada update status atau ngetwit. Peluang inilah yang seringkali di ambil sebagai pekerjaan favorit mahasiswa di Jogja.

Dengan modal jari yang super ‘cerewet’ dan portofolio social media pribadi, Anda tinggal tawarkan jasa menjadi admin. Asalkan bisa dipercaya, Anda bisa mendapatkan pekerjaan itu. Gajinya lumayan, waktu dan tempat kerjanya juga fleksible.

f. Fotografer Lepas

Anda pasti sudah paham kalau sekarang orang sangat suka difoto? Ya, peluang ini juga tidak dilewatkan begitu saja sebagai pekerjaan favorit mahasiswa yang ada di Jogja. Dengan modal kamera dan sedikit skill fotografi, Anda bisa menawarkan jasa fototografer. Cara memasarkannya mudah, di Jogja banyak event kampus atau seminar. Tinggal hubungi panitianya, tawarkan jasa fotografi dengan harga yang masuk akal.

Bisa juga Anda bikin blog, akun facebook dan twitter, atau instagram. Kemudian publish karya Anda disitu. Lama kelamaan, kalau karyanya bagus, orang akan tertarik untuk memakai jasa Anda. Kalau beruntung, Anda bisa mendapatkan proyek fotografi yang upahnya cukup lumayan seperti pernikahan, atau foto-foto produk perusahaan.

g. Bisnis online

Pekerjaan favorit mahasiswa yang saat ini banyak digeluti adalah memulai bisnis online. Mereka tidak punya produk, mereka memasarkan produk orang lain. Dengan modal bikin website, atau bahkan modal facebook saj, kemudian upload foto produk yang mau Anda pasarkan, potensinya lumayan. Tinggal Anda tahu caranya tidak.

Karena berbisnis online terutama di social media, itu ada tata kramanya. Jangan sampai Anda dijauhi teman karena terlalu sering promosi barang di facebook. Untuk cara bisnis online, banyak sekali cara yang Anda bisa pelajari misalnya belajar di Komunitas Digital Marketing SB1M.

h. Asisten dosen

Ini cocok untuk Anda yang bercita-cita menjadi dosen. Menjadi asisten dosen tentu saja akan mempermudah Anda dalam mendalami ilmu kuliah. Manfaat lainnya, Anda jadi dekat dengan dosen. Pekerjaan dengan kuliah Anda jadi nyambung, dan dapat penghasilan juga disitu. Tapi, harus tunjukkan kalau Anda menguasai ilmu-ilmu kuliah yang sudah diajarkan oleh dosen.

i. Bikin event

Kalau Anda orangnya suka bikin acara, apakah itu acara seminar atau acara jalan-jalan, Anda bisa bikin event. Bermodalkan kreativitas, networking, dan skill memimpin, Anda bisa membuat sebuah acara. Di mana disitu pendanaannya bisa ditopang dari sponsorship dan pendaftaran peserta.

Namun resikonya memang cukup besar kalau Anda belum begitu ahli. Tapi, dibalik resikonya yang besar, ada rejeki besar juga yang akan Anda dapat kalau acaranya sukses dan ramai. Peserta senang, sponsor senang, Anda senang. Kalau sudah seperti itu, pasti Anda jadi ketagihan bikin event, dan para sponsor sudah percaya dengan integritas Anda.

Demikian info seputar pekerjaan favorit mahasiswa di Jogja, semoga post kali ini mencerahkan kalian. Tolong post pekerjaan mahasiswa ini dibagikan supaya semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Referensi:

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Leave a Comment

Komunitas Terkenal di Jogja
Komunitas Terkenal di Jogja yang Cocok untuk Anda
Pekerjaan Favorit Mahasiswa
Pekerjaan Favorit Mahasiswa di Jogja
Daerah Tempat Tinggal Favorit
Daerah Tempat Tinggal Favorit di Jogja
Tempat Olahraga Favorit
Tempat Olahraga Favorit di Jogja dan Sekitarnya
Beasiswa Kampus di Jogja Kuliah di Jogja UGM Ujian Masuk
Kegiatan OSPEK
Kegiatan OSPEK untuk Kuliah Pertama Kali
Dunia Kampus
Mengenal Dunia Kampus yang Harus Diketahui
Lolos SBMPTN
Tips Lolos SBMPTN dengan Cara Smart

Alam

Hutan dan Gunung Pantai Wisata Air Wisata Alam Lainnya

Sejarah

Bangunan Bersejarah Candi Monumen Museum

Seni Budaya

Kebudayaan Kesenian Tradisi

Wisata Lain

Desa Wisata Minat Khusus Wisata Buatan Wisata Religi
Digital Marketing Peluang Bisnis Peluang Investasi
Investasi Properti Syariah yang Aman dan Menguntungkan
Investasi Properti Syariah yang Aman dan Menguntungkan
Peluang Bisnis Synergy Worldwide Mudah dan Menguntungkan
Jasa Digital Marketing
Jasa Digital Marketing Murah dan Profesional di Jogja
Penginapan Murah di Sekitar Jalan Parangtritis Jogja
Penginapan Murah di Sekitar Jalan Parangtritis Jogja
Guest House Mercury Prawirotaman
Guest House Mercury Prawirotaman Hotel Nuansa Jawa
Guest House Mas Gun
Guest House Mas Gun di Jalan Prawirotaman
Penginapan Murah di Jogja
Penginapan Murah di Jogja bagi Para Wisatawan