Perguruan Tinggi Negeri di Yogyakarta Terbaik

Pembahasan kita sekarang ialah Perguruan Tinggi Negeri di Yogyakarta Terbaik. Kuliah di Jogja menjadi impian bagi sebagian siswa menengah atas yang akan lulus maupun yang sudah lulus. Hal ini disebabkan karena kualitas pendidikan tinggi di Jogja yang sudah tidak diragukan lagi. Siapa yang tidak kenal dengan yang namanya kampus UGM. Semua orang di Indonesia bahkan di luar negeri pasti tahu dan kenal kampus UGM.

Perguruan Tinggi Negeri yang Ada di Yogyakarta

Jenis Perguruan Tinggi

Selain UGM masih banyak lagi kampus-kampus lain yang ada di Indonesia. Untuk saat ini ada sekitar 130 kampus yang ada di Jogja baik negeri maupun swasta. Tapi pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai kampus atau perguruan tinggi negeri di Yogyakarta. Sebelum ke pembahasan perguruan tinggi atau universitas negeri di sini akan dijelaskan tentang jenis-jenis perguruan tinggi yang ada di Indonesia beserta pengertiannya.

Pengertian Perguruan Tinggi

Perguruan tinggi adalah satuan pendidikan penyelenggara pendidikan tinggi. Tempat untuk melakukan pendidikan di perguruan tinggi disebut dengan kampus. Lebih jelasnya kampus menurut bahasa berarti lapangan luas atau tegal. Sedangkan menurut istilah modern kampus artinya sebuah kompleks atau daerah tertutup yang merupakan kumpulan gedung-gedung universitas atau perguruan tinggi dan juga cabang dari universitas itu sendiri.

Perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia ada berbagai jenis. Berikut beberapa jenis perguruan tinggi yang ada di Indonesia beserta pengertiannya :

  • Universitas adalah suatu institusi pendidikan tinggi dan penelitian yang memberikan gelar akademik dalam berbagai bidang.
  • Akademi adalah suatu institusi pendidikan tinggi, penelitian, atau keanggotaan kehormatan. Nama akademi berasal dari lokasi sekolah filsafat Plato yang didirikan sekitar tahun 385 SM yaitu Akademia. Akademia merupakan sebuah tempat suci Athena (dewi kebijaksanaan).
  • Institut adalah perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik dan/atau vokasi dalam sekelompok disiplin ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni dan jika memenuhi syarat dapat menyelenggarakan pendidikan profesi.
  • Politeknik (institut teknologi) adalah penggunaan nama dalam berbagai institusi pendidikan yang memberikan berbagai jenis gelar dan sering beroperasi pada tingkat yang berbeda-beda dalam sistem pendidikan. Istilah politeknik berasal dari bahasa Yunani polu atau poly yang berarti “banyak” dan tekhnikos yang artinya “seni”.
  • Sekolah tinggi dalam pendidikan di Indonesia adalah perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik dan/atau vokasi dalam lingkup satu disiplin ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni dan jika memenuhi syarat dapat menyelenggarakan pendidikan profesi.

Perguruan Tinggi Negeri di Yogyakarta

Perguruan tinggi atau kampus negeri adalah perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh pemerintah. Berikut beberapa perguruan tinggi negeri di Yogyakarta yaitu :

1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

UGM berdiri pada tanggal 19 Desember 1949 dan beralamat (lokasi) di Bulaksumur, Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. UGM saat ini memiliki 18 Fakultas, dua Sekolah (Sekolah Vokasi dan Sekolah Pascasarjana) dan lebih dari 100 Program Studi (untuk S-2,S-3, dan Spesialis).

2. Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” (UPN Veteran)

UPN Veteran berdiri pada tanggal 15 Desember 1958 dan beralamat (lokasi) di Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. UPN Veteran Yogyakarta (Jogjakarta) saat ini memiliki 5 Fakultas dan 23 Program Studi dengan perincian :

  • 1 program studi untuk D-3,
  • 16 program studi untuk S-1, serta
  • 6 program studi untuk S-2.
3. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

UNY berdiri pada tanggal 21 Mei 1964 dan beralamat (lokasi) di Caturtunggal Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. Perguruan Tinggi Negeri UNY saat ini memiliki 7 Fakultas dan 44 jurusan serta 16 program pascasarjana.

4. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN SUKA)

UIN SUKA berdiri pada tanggal 26 September 1951 dan beralamat (lokasi) di Caturtunggal Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. UNY saat ini memiliki 8 Fakultas dan Pascasarjana.

5. Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta

ISI Yogyakarta berdiri pada tanggal 30 Mei 1984 dan beralamat (lokasi) di Jalan Parangtritis Km. 6, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. ISI Yogyakarta saat ini memiliki 3 Fakultas dan Pascasarjana.

6. Politeknik ATK (dulu Akademi Teknologi Kulit) Yogyakarta

Politeknik ATK Yogyakarta berdiri pada tanggal 1 September 1958 dan beralamat (lokasi) di Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. Politeknik ATK Yogyakarta saat ini memiliki 2 program studi.

7. Sekolah Tinggi Multi Media Training Centre (STMM MMTC) Yogyakarta

STMM MMTC Yogyakarta berdiri pada tanggal 31 Juli 1985 dan beralamat (lokasi) di Jl. Magelang KM.6, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. STMM MMTC Yogyakarta saat ini memiliki 6 program studi.

8. Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional Yogyakarta (STPN Yogyakarta)

STPN Yogyakarta berdiri pada 1963 dan beralamat (lokasi) di Jl. Tata Bumi No.5, Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. Perguruan Tinggi Negeri STPN Yogyakarta untuk saat ini memiliki 2 jurusan.

9. Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir Yogyakarta (STTN Yogyakarta)

STTN Yogyakarta berdiri pada 2001 dan beralamat (lokasi) di Bababrsari, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. STTN Yogyakarta saat ini memiliki 2 jurusan dengan 3 program studi.

10. Poltekkes Kemenkes Yogyakarta

Poltekkes Yogyakarta berdiri pada 2001 dan beralamat (lokasi) di Jl Tatabumi No. 3 Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. Poltekkes Yogyakarta saat ini memiliki 6 program studi.

11. Akademi Angkatan Udara (AAU) Yogyakarta

AAU Yogyakarta berdiri pada tanggal 26 September 1965 dan beralamat (lokasi) di Jl. Laksda Adi sucipto km 10 Yogyakarta.

Demikian info berkaitan dengan Perguruan Tinggi Negeri di Yogyakarta, kami harap post ini berguna buat Anda. Kami berharap post ini dibagikan agar semakin banyak yang mendapat manfaat.

Referensi: Mahasiswa Entrepreneur Jogja

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Leave a Comment

Komunitas Terkenal di Jogja
Komunitas Terkenal di Jogja yang Cocok untuk Anda
Pekerjaan Favorit Mahasiswa
Pekerjaan Favorit Mahasiswa di Jogja
Daerah Tempat Tinggal Favorit
Daerah Tempat Tinggal Favorit di Jogja
Tempat Olahraga Favorit
Tempat Olahraga Favorit di Jogja dan Sekitarnya
Beasiswa Kampus di Jogja Kuliah di Jogja UGM Ujian Masuk
Kegiatan OSPEK
Kegiatan OSPEK untuk Kuliah Pertama Kali
Dunia Kampus
Mengenal Dunia Kampus yang Harus Diketahui
Lolos SBMPTN
Tips Lolos SBMPTN dengan Cara Smart

Alam

Hutan dan Gunung Pantai Wisata Air Wisata Alam Lainnya

Sejarah

Bangunan Bersejarah Candi Monumen Museum

Seni Budaya

Kebudayaan Kesenian Tradisi

Wisata Lain

Desa Wisata Minat Khusus Wisata Buatan Wisata Religi
Digital Marketing Peluang Bisnis Peluang Investasi
Investasi Properti Syariah yang Aman dan Menguntungkan
Investasi Properti Syariah yang Aman dan Menguntungkan
Peluang Bisnis Synergy Worldwide Mudah dan Menguntungkan
Jasa Digital Marketing
Jasa Digital Marketing Murah dan Profesional di Jogja
Penginapan Murah di Sekitar Jalan Parangtritis Jogja
Penginapan Murah di Sekitar Jalan Parangtritis Jogja
Guest House Mercury Prawirotaman
Guest House Mercury Prawirotaman Hotel Nuansa Jawa
Guest House Mas Gun
Guest House Mas Gun di Jalan Prawirotaman
Penginapan Murah di Jogja
Penginapan Murah di Jogja bagi Para Wisatawan