Tempat Favorit untuk Belajar di Jogja

Di artikel ini kami akan bahas seputar tempat favorit untuk belajar di Jogja. Mahasiswa sudah pasti tugasnya belajar. Apalagi kalau Anda ketemu dosen yang hobi nimpukin dengan tugas. Belum kalau tugas Anda harus dikerjakan berkelompok dengan deadline yang mepet. Anda mesti pintar atur strategi agar semangat belajarnya tidak kendor. Mulai dari aktif tanya, rajin bergaul sama teman-teman yang rajin, atau cari buku yang menunjang.

Tempat Favorit untuk Belajar

9 Tempat Favorit untuk Belajar di Jogja

Tapi tetap, mahasiswa itu ada yang malas dan ada yang rajin. Tapi tenang kalau Anda tergolong mahasiswa baru (maba) yang malas belajar. Mungkin juga Anda takut dianggap “cupu” kalau kelihatan rajin belajar. Karena kami sudah susun daftar tempat favorit untuk belajar tapi tetap gaul. Anda yang malas pun bisa kebawa rajin. Ingat, belajar terjadi bukan hanya karena ada niat dari pelakunya, namun juga lokasi!

Tempat ini macam-macam karakternya. Ada yang cocok untuk belajar sendiri karena membutuhkan konsentrasi tinggi. Beberapa juga masuk kalau Anda butuh tempat yang boleh ramai-ramai diskusi.

a. Warnet

Warnet jadi salah satu tempat favorit untuk belajar di Jogja. Di warnet kita bisa dapat koneksi internet buat cari bahan, ngetik, kirim email, sampai ngeprin. Anda bisa pilih berbagai macam warnet sesuai kebutuhan. Ada warnet dengan bilik kecil, komputer standar, namun ramah di kantong mahasiswa. Kalau ingin kenyamanan lebih, coba pilih warnet yang lebih cozy. Biasanya dilabeli “internet cafe” karena konsepnya mirip kafe yaitu:

  • tempatnya bersih,
  • AC-nya dingin,
  • servis oke,
  • ada berbagai camilan yang bisa dipesen, dan
  • koneksi cepat.

Sebagai perbandingan, sewa di warnet biasa berkisar Rp 2.500 – 3.000 per jam. Kalau di warnet yang lebih eksklusif, mereka berani patok sampai Rp 5.000 dengan fasilitas seperti yang sudah penulis jelasin sebelumnya. Di berbagai daerah yang banyak kampus seperti di Babarsari, Seturan, Pogung, biasanya ada satu dua internet cafe ini, misalnya :

  • Untuk Anda yang kuliah di UGM dan sekitarnya, bisa coba Dewa net di Jalan Monjali 52.
  • Bagi mahasiswa UGM bisa juga di warnet Prima jalan kaliurang km 4,5 di lantai 2 Hokben, koleksi film dan serialnya komplit.
  • Sedangkan Mahasiswa Atma Jaya, UPN, Amikom, sering ke warnet Satria yang ada di Babarsari.
b. Kafe

Logika tidak bisa jalan tanpa logistik. Ingin isi otak sekalian isi perut? Kafe jadi tempat favorit untuk belajar yang bisa Anda pilih. Kafe di Jogja sudah ada di mana-mana. Asiknya, semuanya punya karakter sendiri-sendiri. Ada yang minumannya juara, ada yang makanannya ciamik, banyak juga yang buka sampai dini hari. Lembur tugas jadi tak berasa.

Ada yang perlu Anda perhatikan kalau mau garap tugas di kafe, baik sendirian atau bareng teman

  • Pastikan kafe punya colokan. Kecuali kalau sudah ada teknologi power bank untuk laptop.
  • Koneksi internet. Ada yang gratis selama Anda nongkrong di kafe tersebut, ada juga yang pakai voucher. Kalau soal menu, sesuaikan saja sama selera Anda.

Daerah Sagan dan Kotabaru juga dipenuhi dengan kafe-kafe yang cukup eksklusif. Anda bisa coba kafe daerah Pogung dan Depok untuk yang lebih ramah di kantong. Paling banyak ada di daerah belakang Ambarukmo Plaza dan Seturan.

c. Book Cafe

Seperti yang sudah disinggung di atas, kafe di Jogja sangat banyak. Ada yang dicombine sama warnet, ada yang seperti taman bacaan. Nama tempat favorit untuk belajar seperti ini yaitu book cafe. Bedanya sama internet cafe atau cafe biasa adalah kita bisa baca banyak koleksi buku di sini. Bayangin saja perpus but much cozier. Tidak terlalu bising, cenderung tenang diiringi musik yang membuat konsentrasi tetap terjaga.

Selain itu bisa lesehan sambil ngopi. Biasanya kopi jadi menu andalan karena kopi itu sahabatnya book lover. Pecandu buku dijamin lupa waktu kalau sudah di sini. Anda cuma perlu telaten nyarinya. Biasanya lokasinya agak jauh dari keramaian. Salah satunya, di Jalan Tasura, Maguwo. Deket perumahan Cassa Grande. Di situ ada Coffee and Read.

Anda juga bisa coba kafe yang jadi satu sama toko buku. Seperti Djendelo Koffe yang ada di lantai 2 toko buku Toga Mas. Anda Tinggal cari perempatan Condong Catur terus ke selatan 100 m. Buat Anda yang lagi nyari buku impor kaya Harry Potter edisi Inggris, The Godfather, karya-karya Mark Twain, datang saja ke Roti Papi. Soalnya, kafe ini jadi satu sama And Or Bookstore, toko buku impor. Ada di jalan Selokan Mataram, Gejayan.

d. Sampoerna Corner

Sekarang banyak perusahaan yang peduli sama pendidikan. Tidak jarang mereka nyumbang buku buat program CSR mereka. Bahkan, ada yang sampai bikin tempat semacam perpus. Salah satu tempat favorit untuk belajar tersebut yaitu Sampoerna Corner. Ada di berbagai kampus di Indonesia. Kalau di Jogja, Sampoerna Corner ini ada di Perpus Pusat UGM. Di sini, koneksinya lumayan kenceng. Buku-buku impor juga banyak.

Cobain juga American Corner. Masih di dalam Perpus Pusat UGM juga. Koneksinya lumayan, AC-nya juga dingin. Pas kalau Anda mahasiswa Fisipol atau ilmu budaya yang lagi cari referensi seputar Amerika.

e. Taman kampus

Bosen selalu kegiatan di dalam ruangan. Mulai dari kuliah, makan, sampai mandi. Tubuh perlu dapat kesejukan langsung dari alam, bukan sekedar ditiup angin. Perlu juga disiram cahaya matahari. Biar badan makin segar. Pas sekali kalau untuk belajar. Apalagi bisa bebas seru-seruan sama temen. Mau? Tempat favorit untuk belajar di luar ruangan adalah di taman.

Anda bisa coba taman masjid kampus UGM. Suasananya yang seperti oase di timur tengah akan membuat kita betah. Terbuka buat siapapun. Selain itu, taman di kampus Anda juga bisa dicoba. Cuman tak enaknya adalah kita tidak bisa belajar sampai malam. Kecuali bawa lampu sendiri, obat nyamuk, dan surat ijin biar tak diusir satpam. Karena taman ini cocoknya untuk belajar sambil nunggu jam kuliah berikutnya.

f. Kantin kampus

Keuntungan tempat favorit untuk belajar ini mirip kalau Anda belajar di kafe. Bisa belajar sambil makan. Cuman biasanya menjelang maghrib kantin kampus sudah tutup. Anda yang pengen belajar sambil nongkrong abis kuliah sore, mesti cari tempat lain. Justru di sini enaknya. Jam-jam siang, saat temen-temen masih di kampus, Anda bisa kerjain tugas bersama. Mereka tak keburu pulang. Ingat etika saja. Jangan terlalu ribut dan jangan terlalu lama. Yang mau pakai kursi dan meja di kantin tidak cuma Anda.

g. Perpus

Jelas perpus tempat favorit untuk belajar. Enaknya, kita bisa dapat banyak referensi bermutu. Baik dari buku, jurnal, majalah, atau skripsi. Pahitnya, kita biasanya tak boleh sambil makan di perpus. Kita juga mesti jaga ketenangan. Sebisa mungkin akrabi pustakawan yang ada. Meskipun kelihatan jutek, biasanya Anda dikasih info kalau ada buku baru.

h. Rektorat

Rektorat itu semacam kantor TU atau kepala sekolah di SMA. Di sini berbagai urusan administrasi perkuliahan diselesaikan. Gedung rektorat biasanya didesain luas dan bersih. Selasar atau teras yang di rektorat ini sering dipakai sebagai tempat favorit untuk belajar dan ngerjain tugas. Kadang juga dipakai buat rapat temen-temen yang aktif di organisasi. Cuman, jangan andelin laptop. Biasanya di rektorat jumlah colokannya terbatas.

i. Kos atau kontrakan

Kontarakan atau kos paling sering dijadiin tempat favorit untuk belajar dan ngerjain tugas. Alasannya jelas lebih bebas dan nyaman. Apalagi kalau di kos itu tak ada jam malem. Baiknya Anda bawa camilan buat temen-temen. Khususnya tuan rumah. Kadang nyebelin kalau kosan dijadiin tempat main. Sering berantakan dan kurang privasi. Makanya, kita sebagai tamu tetep mesti jaga etika. Siapa tahu ibu kos juga tinggal di situ.

Demikian info perihal tempat favorit untuk belajar di Jogja, kami harap post kali ini berguna buat kalian. Tolong post tempat buat belajar ini dishare supaya semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Referensi:

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Leave a Comment

Komunitas Terkenal di Jogja
Komunitas Terkenal di Jogja yang Cocok untuk Anda
Pekerjaan Favorit Mahasiswa
Pekerjaan Favorit Mahasiswa di Jogja
Daerah Tempat Tinggal Favorit
Daerah Tempat Tinggal Favorit di Jogja
Tempat Olahraga Favorit
Tempat Olahraga Favorit di Jogja dan Sekitarnya
Beasiswa Kampus di Jogja Kuliah di Jogja UGM Ujian Masuk
Kegiatan OSPEK
Kegiatan OSPEK untuk Kuliah Pertama Kali
Dunia Kampus
Mengenal Dunia Kampus yang Harus Diketahui
Lolos SBMPTN
Tips Lolos SBMPTN dengan Cara Smart

Alam

Hutan dan Gunung Pantai Wisata Air Wisata Alam Lainnya

Sejarah

Bangunan Bersejarah Candi Monumen Museum

Seni Budaya

Kebudayaan Kesenian Tradisi

Wisata Lain

Desa Wisata Minat Khusus Wisata Buatan Wisata Religi
Digital Marketing Peluang Bisnis Peluang Investasi
Investasi Properti Syariah yang Aman dan Menguntungkan
Investasi Properti Syariah yang Aman dan Menguntungkan
Peluang Bisnis Synergy Worldwide Mudah dan Menguntungkan
Jasa Digital Marketing
Jasa Digital Marketing Murah dan Profesional di Jogja
Penginapan Murah di Sekitar Jalan Parangtritis Jogja
Penginapan Murah di Sekitar Jalan Parangtritis Jogja
Guest House Mercury Prawirotaman
Guest House Mercury Prawirotaman Hotel Nuansa Jawa
Guest House Mas Gun
Guest House Mas Gun di Jalan Prawirotaman
Penginapan Murah di Jogja
Penginapan Murah di Jogja bagi Para Wisatawan