Tips Lolos SBMPTN dengan Cara Smart

Di postingan ini kami akan bahas mengenai tips lolos SBMPTN dengan cara smart. Tiap tahun siswa dan siswi berjuang untuk dapat mengecap pendidikan di Universitas yang menjadi favorit mereka. Pemerintah sendiri menyediakan beberapa jalur untuk mempermudah para pelajar mengejar impiannya masuk ke Universitas favorit tersebut, seperti SBMPTN dan SNMPTN.

Lolos SBMPTN

Baca juga : Jalur Seleksi Masuk Perguruan Tinggi di Indonesia khususnya Jogja

Tips Lolos SBMPTN dengan Cara Smart

Perlu diketahui bahwa SBMPTN sangat berbeda dengan SNMPTN. Di mana SNMPTN memakai nilai raport dan prestasi untuk syarat utama kelulusan. Sementara SBMPTN murni memakai hasil tes tertulis sebagai indikator lulus atau tidaknya. Namun Anda tidak perlu khawatir berikut beberapa tips untuk lulus atau lolos SBMPTN :

a. Tentukan pilihan dan minat

Sebelum memutuskan untuk mengikuti ujian SBMPTN, tentukan minat Anda lebih dulu. Jurusan apa yang ingin Anda dalami. Semakin Anda memiliki minat besar terhadap pilihan tersebut, maka pasti memiliki kemantapan hati untuk mencapai keinginan tersebut. Misal ingin lolos SBMPTN jurusan Teknik Elekto atau Ilmu Pemerintahan.

b. Mempelajari secara detail informasi resmi pendaftaran SBMPTN

Banyak informasi bertebaran di internet mengenai seluk-beluk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Namun yang perlu diperhatikan adalah bahwa informasi resmi hanya terdapat di laman website http://sbmptn.ac.id. Bila ada info yang bertentangan dengan informasi pada sumber utama, maka lebih baik Anda konfirmasikan ke panitia SBMPTN.

Panitia SBMPTN menyediakan call center yang bisa dihubungi di laman website ini http://halo.sbmptn.or.id/. Jangan ragu-ragu untuk menghubungi layanan call center tersebut. Karena mereka hadir untuk melayani Anda jika ada hal-hal yang ingin ditanyakan.

c. Belajar berbagai soal yang diujikan pada SBMPTN tahun sebelumnya

Ujian SBMPTN mencakup berbagai macam mata pelajaran, dari kelas X sampai kelas XII. Mulai dari pengetahuan dasar sampai pengetahuan khusus sesuai jalur ujian yaitu IPS, IPA, atau IPC. Persiapannya hanya sekitar sebulan tapi begitu banyak materi pelajaran yang mesti dipelajari, membutuhkan persiapan yang matang. Untuk mengatasinya, Anda harus menguasai materi/konsep tiap mata pelajaran secara sistematis.

Latihan dapat dilakukan dengan cara belajar berbagai soal yang sudah diujikan sebelumnya. Dengan melihat beberapa soal-soal yang telah diujikan, Anda bisa melakukan prediksi soal apa yang yang akan keluar. Lalu dari jenis soal ini, bikin list dalam note sebagai bahan untuk belajar. Bikin target yang jelas pada setiap periode waktu untuk tiap-tiap mata pelajaran yang diujikan.

Cara lain lolos SBMPTN adalah dengan mengikuti try out yang biasanya diadakan oleh universitas, sekolah, dan lembaga bimbingan belajar (LBB). Try out merupakan simulasi SBMPTN, ada yang berbayar ada pula yang free (gratis). Untuk saat ini Anda bisa juga mengikuti latihan Try Out Online. Salah satunya adalah Paseban Try Out Online di http:// global.paseban.com/.

d. Refreshing dan cek detail persiapan serta lokasi ujian

Selingi waktu belajar Anda dengan bermain atau sekedar jalan-jalan agar pikiran bisa refresh (merefresh pikiran). Pakai hari-hari sebelum mendekati ujian SBMPTN untuk istirahat atau sekedar refreshing untuk menyegarkan pikiran. Usahakan untuk rehat dari belajar yang berat. Karena Anda harus menyiapkan mental, fisik dan tentunya beberapa persyaratan, serta peralatan yang dibawa ketika ujian.

e. Berdoa dan mohon doa restu Orang Tua

Setelah semua proses usaha Anda selesai, jangan lupa untuk terus berdoa memohon kepada Tuhan YME. Selain itu juga minta doa pada orang tua. Supaya mendapatkan hasil sesuai dengan jerih payah Anda.

f. Langkah teknis menghadapi ujian

Langkah-langkah teknis aga bisa lolos SBMPTN

  1. Menjelang hari H, ada baiknya Anda melakukan survey lokasi tempat diadakannya ujian.
  2. Mempersiapkan perlengkapan syarat mengikuti ujian seperti kartu ujian, pensil 2B (dan cadangan), penghapus, rautan, ballpoint, dan papan ujian.
  3. Datang tepat waktu, kira-kira 15 menit sebelum masuk ujian.
  4. Memilih tempat duduk yang nyaman. Pertahankan posisi duduk tegak dan rileks.
  5. Isi formulir dengan tepat dan hati-hati, tak boleh kotor, basah, atau terlipat. Karena formulir ujian akan dibaca oleh komputer, sehingga jika kotor, basah atau terlipat maka ketepatannya sangat berpengaruh.
  6. Kerjakan terlebih dahulu soal yang dianggap mudah, kemudian melangkah ke soal yang sedang lalu yang sulit. Hal ini penting untuk menghindari habisnya waktu sebab Anda terlalu fokus pada penyelesaian soal yang susah.
  7. Setelah selesai menjawab soal, jangan terburu-buru meninggalkan ruangan. Manfaatkan waktu ujian yang tersisa untuk memeriksa kembali hasil pengerjaan soal-soal Anda.

Demikian info mengenai tips lolos SBMPTN dengan cara smart, kami harap artikel kali ini mencerahkan kalian. Tolong artikel cara masuk kampus ini dishare agar semakin banyak yang mendapat manfaat.

Referensi:

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Leave a Comment

Komunitas Terkenal di Jogja
Komunitas Terkenal di Jogja yang Cocok untuk Anda
Pekerjaan Favorit Mahasiswa
Pekerjaan Favorit Mahasiswa di Jogja
Daerah Tempat Tinggal Favorit
Daerah Tempat Tinggal Favorit di Jogja
Tempat Olahraga Favorit
Tempat Olahraga Favorit di Jogja dan Sekitarnya
Beasiswa Kampus di Jogja Kuliah di Jogja UGM Ujian Masuk
Kegiatan OSPEK
Kegiatan OSPEK untuk Kuliah Pertama Kali
Dunia Kampus
Mengenal Dunia Kampus yang Harus Diketahui
Lolos SBMPTN
Tips Lolos SBMPTN dengan Cara Smart

Alam

Hutan dan Gunung Pantai Wisata Air Wisata Alam Lainnya

Sejarah

Bangunan Bersejarah Candi Monumen Museum

Seni Budaya

Kebudayaan Kesenian Tradisi

Wisata Lain

Desa Wisata Minat Khusus Wisata Buatan Wisata Religi
Digital Marketing Peluang Bisnis Peluang Investasi
Investasi Properti Syariah yang Aman dan Menguntungkan
Investasi Properti Syariah yang Aman dan Menguntungkan
Peluang Bisnis Synergy Worldwide Mudah dan Menguntungkan
Jasa Digital Marketing
Jasa Digital Marketing Murah dan Profesional di Jogja
Penginapan Murah di Sekitar Jalan Parangtritis Jogja
Penginapan Murah di Sekitar Jalan Parangtritis Jogja
Guest House Mercury Prawirotaman
Guest House Mercury Prawirotaman Hotel Nuansa Jawa
Guest House Mas Gun
Guest House Mas Gun di Jalan Prawirotaman
Penginapan Murah di Jogja
Penginapan Murah di Jogja bagi Para Wisatawan