Wisata Selfie Tebing Breksi Jogja yang sedang Hits

Wisata Selfie Tebing Breksi berada di Nglengkong, Sambirejo, Prambanan, Sleman. Di wisata ini ketika pagi udaranya terasa sejuk, angin berhembus semilir menerobos pepohonan rindang di jalan menuju wisata ini. Para wisatawan juga akan disuguhi pemandangan perbukitan Prambanan yang asri terhampar luas menghijau.

Wisata Selfi Tebing Breksi

Wisata Selfie Tebing Breksi yang sedang Hits

Wisata selfie Tebing Breksi sedang banyak diperbincangkan oleh para penghobi traveling. Hal ini berawal dari seringnya para wisatawan yang berselfie ria di tempat ini, kemudian diupload ke sosial media seperti Facebook, Instagram dan lainnya.

Para wisatawan yang datang ke Tebing Breksi tidak hanya dari Jogja saja tetapi juga wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia.

Lokasi Tebing Breksi

Tebing Breksi lokasinya sebelum objek wisata Candi Ijo. Dulu Tebing Breksi hanya sebuah tebing bekas galian tambang kapur biasa yang jadi tumpuan hidup dan mata pencaharian. Namun sejak ditetapkan sebagai salah satu unsur Geo Heritage Yogyakarta (sesuai SK Penetapan Geo Heritage tahun 2014) yang menyebabkan aktivitas pertambangan dihentikan.

Setelah aktivitas penambangan dihentikan, warga masyarakat mulai mencari alternatif yang bisa dikembangkan dari lahan tebing bekas galian batu ini. Ternyata larangan pemerintah ini justru menjadi pemicu kreativitas warga setempat untuk mengeksplorasi keindahan Tebing Breksi.

Jika diperhatikan, ternyata bekas galian tambang yang tersisa di kawasan Tebing Breksi meninggalkan guratan-guratan yang artistik. Di sisi lain, paduan warna putih berkilau semburat kuning dan coklat dalam berbagai sisi tebing yang begitu luas memberikan panorama indah tersendiri.

Maka warga masyarakat setempat pun sepakat untuk mengembangkannya menjadi tempat wisata selfie Tebing Breksi.

Sejarah Wisata Selfie di Tebing Breksi

Pertama kali dibangun panggung terbuka yang diresmikan 30 Mei 2015. Setelah itu pada dinding tebing mulai dipahat ornamen hiasan. Pahatan pertama yakni konsep relief gambar wayang yang dipahat oleh Antok warga Nglengkong, Sambirejo, Prambanan.

Relief wayang yang dipahat Anto sendirian ini butuh waktu 6 minggu. Pahatan kedua yaitu patung Semar kemudian yang terbaru adalah pahatan relief naga namun belum jadi secara sempurna.

Pahatan relief inilah yang menjadi spot menarik para wisatawan untuk berfoto selfie. Dalam perkembangannya, di kompleks area wisata Tebing Breksi mulai dibangun sarana ibadah berupa mushola, area kuliner maupun kamar mandi. Pembangunan ini dimulai pada Desember 2015 dan selesai pada April 2016.

Wisata selfie Tebing Breksi semakin booming dikenal orang sejak diselenggarakannya event bertajuk “Breksinergi” Mei 2016 di kawasan Tebing Breksi. Setelah event ini tingkat kunjungan wisatawan ke Tebing Breksi meningkat drastis.

Kawasan Tebing Breksi juga pernah menjadi spot syuting untuk video klipnya Afgan di albumnya “Kunci Hati”. Pada akhir November 2016 kemarin, Tebing Breksi juga menjadi tempat konser Dewa Bujana sekaligus peluncuran album.

Data Kunjungan Wisatawan di Tebing Breksi

Berdasarkan data kunjungan wisatawan, tercatat selama kurun waktu 2016, kunjungan wisatawan meningkat cukup drastis. Bulan Januari, kunjungan wisatawan dalam sebulan mencapai 2.190 orang.

Angka tersebut meningkat signifikan di bulan April menjadi 5.920 orang. Bulan Mei melonjak lagi menjadi 9.017 orang. Kemudian bulan September, kunjungan wisatawan ke Tebing Breksi sudah menembus angka 36.746 orang.

Kawasan wisata Tebing Breksi selain jadi favorit kunjungan wisatawan juga banyak menjadi tujuan penyelenggaraan even-event besar. Contohnya acara gathering, anniversary bahkan event sekelas FKY (Festival Kesenian Yogyakarta) juga pernah dilaksanakan di Tebing Breksi.

Di puncak bukit Tebing Breksi, para wisatawan akan dimanjakan dengan panorama keindahan Yogya yang tampak dari atas. Dari sisi sebelah barat, tampak landasan pacu bandara Adisutjipto yang terlihat mungil.

Di sisi utara, menjulang kemegahan gunung Merapi dan Merbabu yang dipadu dengan eksotisnya Candi Prambanan. Sedangkan di sisi timur dan selatan, tampak hijaunya perbukitan dan asrinya perkampungan warga.

Baca juga : Menikmati Keindahan Pantai Baron Gunungkidul Yogyakarta

Sekian informasi terkait dengan Wisata Selfie Tebing Breksi yang sedang Hits, semoga post ini membantu teman-teman semua. Kami berharap artikel wisata buatan tebing breksi ini diviralkan supaya semakin banyak yang mendapat manfaat.

Referensi : Suhardi

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Leave a Comment

Akomodasi Investasi Jogjapreneur Kuliner Jogja Seputar Jogja Transportasi
Strategi Konten
Seberapa Penting Strategi Konten untuk Perkembangan Bisnis di Era Digital?
Kenapa Harus Investasi Properti
Kenapa Harus Investasi Properti di Jogja
Investasi Prioritas
Investasi Prioritas di Jogja

Alam

Hutan dan Gunung Pantai Wisata Air Wisata Alam Lainnya

Sejarah

Bangunan Bersejarah Candi Monumen Museum

Seni Budaya

Kebudayaan Kesenian Tradisi

Wisata Lain

Desa Wisata Wisata Belanja Wisata Buatan Wisata Religi
Tips Kegiatan Positif
Tips Kegiatan Positif di Luar Jam Kuliah
Cara Memulai Bisnis PPOB
Cara Memulai Bisnis PPOB yang Mudah dan Menguntungkan
Tips Hidup Hemat di Jogja
Tips Mencari Kosan Ideal
Tips Mencari Kosan Ideal di Jogja bagi Mahasiswa
Beasiswa Kampus di Jogja Kuliah di Jogja UGM Ujian Masuk
Program Kuliah Kerja Nyata
Program Kuliah Kerja Nyata Perguruan Tinggi
Organisasi Kampus
Manfaat Ikut Organisasi Kampus yang Perlu Mahasiswa Tahu
Perkuliahan di Jogja
Kehidupan Perkuliahan di Jogja